Cara Pembuatan Konsentrat ala Peternak Lembusari

sumber: Pertanianku.com

Konsentrat merupakan pakan tambahan yang dibutuhkan oleh ternak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak didapatkan dari pakan utama. Setiap peternak memiliki cara yang berbeda-beda dalam?pembuatan konsentrat?seperti peternak Lembusari.

Peternak Lembusari membuat konsentrat dengan cara manual dan sederhana. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah untuk ditemukan di sekitar mereka tinggal. yaitu Cilacap. Pembuatannya hanya dengan mencampurkan seluruh bahan secara manual hingga tercampur rata. Formulasi yang dibuat oleh peternak Lembusari terbukti ampuh menambahkan bobot sapi hingga 1.5 kg per hari.

Bukan sapi biasa saja yang mengalami kenaikan setelah diberikan formula konsentrat ini. Sapi limousin yang ikut diberikan konsentrat ini mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1.7 per kg setiap harinya. Formula pakan yang dibuat memang dikhususkan untuk menaikkan bobot berat badan sapi.

Meskipun formulasi ini sebenarnya ditujukan untuk pembesaran sapi. konsentrat ini juga dapat digunakan untuk indukan dan pedet. Berikut bahan-bahan serta cara pembuatan konsentrat ala peternak Lembusari.

Bahan-bahan:

  • Dedak/pollard (maksimal 50 persen)
  • Gaplek (maksimal 50 persen)
  • Onggok (maksimal 50 persen)
  • Bungkil kopra (maksimal 25 persen)
  • Premiks 0.10?1 persen
  • Garam 1.8 persen

Cara membuat:

  1. Tebarkan dedak/pollard yang merupakan bagian dasar dari campuran pakan sesuai dengan komposisi yang telah disediakan. lalu ratakan.
  2. Tuang tepung gaplek di atas dedak/pollard. lalu ratakan.
  3. Tuangkan onggok menimpa kedua bahan sebelumnya. lalu ratakan kembali.
  4. Tuangkan bungkil kopra di atas onggok. lalu ratakan.
  5. Tebarkan premiks di atas bungkil kopra secara merata.
  6. Tebarkan garam di atasnya dengan rata.
  7. Aduk rata seluruh bahan dengan menggunakan tangan hingga benar-benar tercampur merata.
  8. Masukkan semua bahan konsentrat yang telah teraduk secara merata ke karung.
  9. Timbang setiap karung konsentrat dengan berat yang diinginkan untuk setiap satu karungnya.
  10. Jahit atau ikat karung dengan tali hingga rapat. Setelah rapat. konsentrat siap disimpan di dalam gudang atau dikirim ke berbagai peternakan.

?
?

Dipublikasi Pada : 08-12-2019