Cara Pendederan Ikan Kerapu di Bak

Sumber : pertanianku.com

Pendederan ikan kerapu bisa dilakukan di beberapa wadah, salah satunya di bak. Pendederan yang dilakukan di bak memiliki beberapa keuntungan, yakni lebih mudah dikontrol dan dapat dilakukan di dalam ruangan (indoor). Pendederan pada wadah ini lebih mudah dikontrol karena luas wadah yang lebih sempit dibanding tambak. Berikut ini cara pendederan ikan kerapu yang dilakukan di dalam bak.

Persiapan wadah

Bak yang digunakan berkapasitas 10 ton terbuat dari beton berbentuk segi empat dengan masing-masing sudut tumpul dan ketinggian airnya 75–100 cm. Bak yang akan digunakan disterilisasi dengan kaporit 100 ppm, lalu dibiarkan selama 2 hari. Setelah itu, bak dicuci dengan detergen dan dibilas air tawar.

Pemasangan aerasi dengan jarak 10 cm dari dasar bak serta adanya jarak untuk setiap aerasi sekitar 75–100 cm dengan penataan selang aerasi menempel di kedua sisi bak dan di tengah. Pengisian air laut ke dalam bak harus diberi filter bag di ujung pipa.

Penebaran benih

Pendederan dibak dapat dilakukan langsung dengan padat tebar 4.000–5.000 ekor/bak. Untuk lebih memudahkan pemeliharaan, dalam 1 bak bisa dipasang waring berukuran 180 cm × 120 cm × 100 cm. Jadi, kepadatan setiap waring antara 1.000–1.250 ekor. Padat tebarnya bisa ditambah 3 ekor/m2 jika menggunakan kincir air.

Pakan

Pakan pada fase pendederan bisa berupa udang rebon/jambret yang diberikan sampai kenyang dengan frekuensi 2 kali sehari. Ikan rucah/teri juga diberikan sebanyak 3–5 persen dari bobot badan ikan dengan frekuensi 2 kali sehari. Untuk pakan buatan, diberikan sebanyak 10–15 gram/pemberian dengan frekuensi 4–6 kali sehari. Jika udang rebon dan ikan rucah tidak ada, dapat menggunakan pakan buatan secara tunggal yang diberikan setiap jam mulai pukul 06:00–17:00 diberikan secara ad satiation (sekenyangnya).

Grading

Grading dilakukan agar kerapu menjadi seragam dan berkurangnya kanibalisme. Grading biasanya dilakukan 1 kali seminggu. Untuk kerapu, grading yang dilakukan biasanya berukuran 2,5–7 cm yang dilakukan setiap 3–5 hari/sekali. Ikan kerapu berukuran 7–10 cm di-grading setiap 7 hari, sedangkan yang berukuran 50–200 gram dilakukan sekali dalam sebulan.

Pergantian air

Kualitas air dapat dijaga dengan melakukan pergantian air secara flowtrough >100 persen setiap hari. Selain itu, dilakukan penyiponan untuk mengambil sisa pakan serta feses di dasar bak setiap pagi dan sore hari.

Dipublikasi Pada : 12-09-2023