DIGITAL MARKETING, SOLUSI PEMASARAN PETANI MILENIAL

by: Sophia Angelina Pakpahan, M.Si

Keberhasilan suatu bisnis tidak lepas dari strategi pemasaran yang baik, apalagi di era digital sekarang ini. Pengetahuan yang mendalam tentang digital marketing atau pemasaran digital menjadi hal yang sangat penting. Apa itu pemasaran digital? Pemasaran digital adalah strategi atau upaya memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, melalui internet atau jaringan lain yang terhubung. Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, jelas bahwa pemasaran digital merupakan sarana pemasaran yang sangat efektif.

Faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi pemasaran digital adalah banyaknya pengguna internet di seluruh dunia. Saat ini, kebanyakan masyarakat kini lebih memilih bertransaksi secara online, apalagi sejak adanya pandemi Covid-19.

Secara umum, hampir semua generasi milenial termasuk Petani Milenial sangat familiar dengan Android. Potensi ini merupak modal dasar yang dimiliki Petani Milenial dalam mengembangkan bisnis di bidang pertanian maupun peternakan. Peran Petani Milenial tidak hanya sebagai Petani modern tetapi juga sebagai mitra bagi Petani konvensional dalam menjual produk pertanian dan peternakan. Hal tersebut mengingat kemampuan Petani konvensional dalam menggunakan teknologi digital sangat terbatas. Untuk dapat memasarkan produk secara luas pada zaman sekarang ini, dibutuhkan pengetahuan tentang pemasaran online atau pemasaran digital. Sebagai mana diketahui bahwa saat ini banyak marketplace bidang pertanian maupun peternakan yang didirikan pemerintah dan swasta dengan tujuan untuk membantu Petani dalam melakukan jual beli hasil pertanian dan peternakan.

Secara umum keuntungan menggunakan pemasaran digital dalam pemasaran produk , antara lain sebagai berikut:

  • Penargetan pasar lebih sesuai
  • Evaluasi strategi berbasis data
  • Bisa menjangkau hampir semua pasar
  • Biaya lebih murah
  • Meningkatkan reputasi brand

Sebelum petani milenial memutuskan untuk menggunakan pemasaran digital dalam memasarkan hasil pertanian dan atau peternakan, perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Pengetahuan (Knowledge)

         Petani Milenial mampu membangun pemahaman tentang pemasaran digital serta fungsinya dalam pemasaran produk pertanian maupun produk peternakan.

  1. Persuasi (Persuasion)

          Petani Milenial menerima dan melaksanakan pemasaran digital sebagai bagian penting yang harus dilakukan dalam usaha yang dijalankan, serta melakukakn pengembangan seiring dengan berkembangnya            Teknologi                  

  1. Keputusan (Decision)

          Petani Milenial menerima dan menjalankan pemasaran digital sebagai upaya memajukan usaha pemasaran produk pertanian dan peternakan.

  1. Struktur Sosial

          Pemasaran digital dapat diterima oleh Petani Milenial khususnya bagi pemegang HP Android.

  1. Sistem Norma

          Berhubungan dengan salah satu citi inovasi yaitu kesesuaian, pemasaran digital tidak bertentangan dengan norma dan menjadi kebutuhan dalam menjalankan usaha di era digitalisasi.

  1. Pendapat Ahli (Opini Leader)

         Pendapat ahli yang menguatkan akan pentingnya pemasaran digital dalam mengembangkan usaha pertanian dan peternakan di era digitalisasi.

  1. Agen Perubahan (Change Agent)

         Keberadaan dinas atau instansi terkait dalam hal ini Kementerian Pertanian dan jajarannya dalam mengembangkan usaha pertanian dan peternakan di era digitalisasi dengan melakukan pemasaran digital.

      8 . Implementasi (Implementation)

           Petani Milenial menerima pemasaran digital serta melaksanakannya melalui perangkat handphone maupun komputer dan bernegosiasi dengan konsumen langsung secara online tanpa harus mendatangi 

           konsumen

  1. Konfirmasi (Confirmation)

         Petani Milenial dapat melakukan evaluasi terhadap pemasaran digital yang telah dijalankan serta melakukan perbandingan dengan melihat efektivitas yang dihasilkan dari pemasaran digital.

 

 Referensi:

Economic Traveling, Informasi Kreativitas Indonesia. Digital Marketing Solusi Pemasaran Produk Pertanian. 2022.

 

Hostinger Tutorial. Apa Itu Digital Marketing? Definisi, Manfaat dan Strateginya. 2023.

 

Dipublikasi Pada : 31-10-2023