Dukung Penuh Keterbukaan Informasi Publik BBPP Kupang Lakukan Penandatanganan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024

By: Ami Daiman

Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu hal yang penting dalam mewujudkan good governance di suatu negara. Keterbukaan informasi publik memungkinkan masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan dan ikut serta dalam pengambilan kebijakan.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi publik, Keterbukaan Informasi Publik, merupakan bentuk transparansi informasi terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh penyelenggara pemerintah kepada masyarakat.

 “Keterbukaan diperlukan sehingga masyarakat dapat berpatisipasi dengan mengontrol atau melakukan pengawasan terhadap kebijakan tersebut, Saat ini, keterbukaan formasi merupakan hal yang penting dan menjadi kebutuhan bagi setiap orang, Sehingga baik pemerintah atau badan publik maupun swasta wajib menyediakan dan melayani pemberian informasi kepada publik khususnya yang terkait dengan kepentingan publik” ujar Mentan Amran .

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa wajib hukumnya untuk insan pertanian BPPSDMP berjuang untuk melakukan keterbukaan informasi publik dengan transparan

“Apalagi keterbukaan informasi publik sepertinya sudah menjadi kebutuhan buat kita semua. Oleh karena itu, kita semua harus berkomitmen mendukung keterbukaan informasi publik”, tegasnya.

Sebagai perwujudan amanat Undang-undang Nomor 14 tahun 2008, Balai Besar Pelatihan Peternakan  (BBPP) Kupang sebagai badan publik yang memberikan pelayanan informasi, penuhi komitmen keterbukaan informasi publik dengan menandatangani Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik. Bertempat di Aula Utama BBPP Kupang, Senin (26/02/2024) Kepala BBPP Kupang, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si beserta seluruh jajarannya menandatangani komitmen bersama keterbukaan informasi publik (KIP) 

Kepala BBPP Kupang Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati pada saat penaandatanganan Komitmen Berlangsung mengatakan, BBPP Kupang turut dalam menyatakan bahwa lembaganya berkomitmen dalam meningkatkan pemberian akses pelayanan informasi yang mudah, terbuka, terpercaya dan berkualitas kepada masyarakat.

Saat ini, kata dia, BBPP Kupang terus  menerus berupaya untuk memperbaiki kinerja PPID.

“Hal yang kami lakukan antara lain dengan menyempurnakan seluruh komponen informasi publik lingkup BBPP Kupang untuk memenuhi kriteria-kriteria seperti yang disyaratkan dalam UU. Kami juga terus berusaha untuk melengkapi konten website dan Medsos untuk terus menyampaikan informasi mengenai BBPP Kupang,” terang Yulia.

Yulia berharap setiap kebijakan mengenai program-program strategis pertanian dapat diekspose melalui melalui website dan medsos BBPP Kupang, menurutnya, pada titik itulah PPID dan Humas mempunyai peran penting dalam membuka ruang bagi publik untuk mendapatkan akses informasi publik.

“Terlebih saat ini Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan strategi pembangunan pertanian. Sehingga kebijakan yang mendukung program tersebut perlu diketahui oleh publik,” papar Yulia.

sebagai Informasi BBPP Kupang Pada Tahun 2023 mendapat Predikat  Lembaga Informatif dan Terbaik I pada Pemeringkatan Informasi Publik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Predikat Menuju Informatif Pada Pemeringkatan Informasi Publik Lingkup kementerian Pertanian Kategori Eselon II .

Dipublikasi Pada : 01-03-2024