DUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN BBPP KUPANG GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL TERNAK

By: Drh. Helda

Pengolahan hasil ternak bertujuan untuk mendapatkan produk ternak yang berkualitas baik sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi. Pada umumnya hasil ternak merupakan bahan yang mudah rusak sehingga perlu dilakukan penanganan agar dapat bertahan lebih lama. Berbagai teknik pengolahan hasil dapat meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk baik dari segi bobot. bentuk fisik. rupa dan gizi maupun rasa.

Bertempat di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. diadakan pelatihan 3 angkatan pada bulan Februari. salah satunya adalah Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta dan dilatih oleh Widyaiswara utama BBPP Kupang Ir. Wiwiek Y. Costa. M.Si yang berkompeten di pelatihan pengolahan hasil. Peserta dibekali dengan sejumlah materi dan juga praktikum. Adapun olahan yang dihasilkan dari pelatihan ini antara lain dendeng giling. dendeng iris. abon sapi. abon telur. bakso sapi. nugget sapi. nugget ayam dan se?i sapi.

Dalam pelatihan ini juga dilakukan teknik pengemasan hasil olahan. Hasil olahan penting untuk dikemas dengan baik agar dapat melindungi suatu produk dan memudahkan dalam pendistribusian agar tidak rusak. Seiring perkembangan ?jaman. ?pengemasan ?semakin ?kompleks ?fungsinya ?dalam pengawetan ?suatu ?produk dengan ?mempertahankan ?mutu ?dan ?nilai ?gizi produk ?tersebut. ?Selain ?itu. ?pengemasan ?juga ?berfungsi ?sebagai ?sarana promosi produsen untuk meningkatkan daya tarik konsumen terharap suatu produk.

?Dengan dilaksanakannya pelatihan ini. diharapkan agar semua peserta pelatihan dapat mengolah hasil ternak dengan baik dan mampu mengemas hasil olahan produk dengan menarik sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi? ujar Wiwiek.

Dipublikasi Pada : 29-02-2020