Eduwisata, Sarana BBPP Kupang Gelorakan Cinta Pertanian dan Peternakan Sejak Dini

By: Ami Daiman

Kementerian Pertanian mendorong pengembangan sektor pertanian yang digabungkan dengan pariwisata atau agrowisata di seluruh daerah di Indonesia untuk meningkatkan nilai ekonomi selain komoditas. Dan Kementerian Pertanian RI terus berupaya mengajak generasi muda untuk berkiprah di sektor pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan dengan adanya Eduwisata merupakan upaya Kementerian Pertanian dalam moderenisasi pertanian yang harapannya generasi muda mau terjun di bidang pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda, bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini ya pertanian,” jelas Mentan Amran.

dalam Kesempatan yang berbeda Kepala BPPSDM Pertanian Dedi Nursyamsi, mengungkapkan bahwa eduwisata adalah tempat atau wadah atau sarana belajar sejak dini tentang pertanian dan peternakan.

“Disini tempat Eduwisata ini anak – anak belajar sistem bagaimana smart agriculture dibangun, microklimat dikendalikan, maka produktifitas, kualitas ada di tangan kita serta kontinyuitas bisa kita atur sedemikian rupa” ungkap Dedi.

Sebagai salah satu UPT yang berada dibawah BPPSDMP, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang turut andil meningkatkan minat generasi Z (Gen Z) dan milenial di sektor pertanian dengan membuka kesempatan bagi pelajar maupun mahasiswa untuk melakukan kunjungan atau wisata edukasi di BBPP Kupang. Seperti yang dilakukan oleh  45 siswa  TK/RA. Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang, Senin (26/02/2026). Didampingi oleh 3 guru pendamping dan wali murid. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertanian dan peternakan kepada anak-anak, sekaligus belajar di luar kelas.

Kunjungan tersebut disambut oleh RIP Krishaditersanto Ketua Tim Kerja Sertifikasi Profesi, Konsultasi Layanan dan PIA, mewakili manajemen BBPP Kupang dalam sambutannya beliau mengapresiasi dan berharap agar siswa TK/RA Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang dapat belajar dan mendapatkan ilmu setelah berkunjung ke BBPP Kupang.

" Kami sangat mengapresiasi kehadiran anak-anak TK/RA Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang dan BBPP kupang sangat bangga menjadi tempat kunjugan eduwisata Pertanian dan Peternakan karena BBPP Kupang memiliki lahan dan ternak berupa sapi, kambing, unggas dan rusa  sehingga anak-anak bisa mengetahui dan melihat secara langsung proses pemeliharaan ternak, proses pemberian pakan, sanitasi, dan kesehatan hewan dll." ungkap RIP

Beliau menambahkan " Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli anak-anak terhadap lingkungan sejak dini serta dapat menambah wawasan dalam bidang pertanian dan peternakan." pungkasnya

Dalam kegiatan kunjungan rombongan anak-anak di ajak keliling ke unit Hortikultura melihat buat Naga dan juga Green House yang ada tanaman tomat dan cabe lalu ke instalasi ternak (sapi,unggas, kambing dan rusa) didampingi oleh Widyaiswara BBPP Kupang yaitu, Marthen Resie, Menix E Manafe, Eny Mulyanti, Sophia Pakpahan dan Nofi Isnaini sebagai Instruktur dalam memandu rombongan, selain melihat ternak dan hortikultura anak-anak juga di ajak untuk melihat rumah kompos, melihat pengairan dengan sistem sprinkler, dan terlihat anak - anak sangat antusias serta banyak mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lihat kepada instruktur dari BBPP Kupang. dalam kunjungan ini anak-anak tidak saja di ajak melihat instalasi peternakan dan pertanian yang ada di lingkungan Balai tetapi juga anak-anak di ajak untuk menyaksikan profil balai berupa video-video di aula utama dan anak-anak sangat antusias karena di ajak bermain dan bernyanyi bersama dengan Tim BBPP Kupang.

Pada Kesempatan itu Siti Darmawati Abas, S.Pd.I selaku Kepala TK/RA Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang menyampaikan rasa senangnya dan bahagia  anak-anak dapat bersukacita dengan lingkungan pertanian dan peternakan.

" Tujuan Materi kunjungan adalah untuk Mengenal Makhluk hidup dan pengenalan lingkungan ciptaan Tuhan. dipilihnya BBPP Kupang sebagai lokasi kunjungan karena sesuai dengan tujuan kunjungan dimana terdapat beraneka hewan ternak serta tanaman. anak-anak bisa Kita ajak melihat langsung proses pemeliharaan. pemberian Pakan dll, sesuatu yang luar biasa dan sangat berkesan bisa berkunjung di BBPP Kupang dan berharap kerjasama ini terus berlanjut." ungkap Darma Abbas.

Dipublikasi Pada : 28-02-2024