Formula Pakan Ayam Ras Petelur yang Tepat

Sumber: pertanianku.com

Pakan yang diberikan pada?ayam ras petelur?dapat memengaruhi kualitas dari telur yang dihasilkan. Oleh karena itu. untuk memenuhi kandungan nutrisi pada telur. berikan bahan-bahan khusus ke dalam pakan ayam ras petelur.

Telur omega-3 (omega-3 PUFA)

Telur yang mengandung omega-3 dihasilkan dari ayam yang diberikan pakan mengandung omega-3. seperti minyak ikan. Minyak ikan yang digunakan dalam pakan dapat membuat pakan mudah menjadi tengik sehingga perlu diberikan anti-oksidan seperti vitamin E. selenium. dan pigmen karotinoid.

Telur kaya karotinoid

Untuk menghasilkan telur yang memiliki warna kuning pada bagian kuning telur didapatkan dari ayam yang diberikan pakan dengan bahan baku yang mengandung karotinoid tinggi seperti jagung dan corn gluten meal?(CGM). Anda juga dapat menggunakan pigmen herbal seperti karopil dan tepung hijauan. Jika menggunakan tepung yang berasal dari limbah udang. biasanya akan menghasilkan telur yang berwarna oranye.

Telur herbal

Telur herbal biasanya diproduksi dari ayam diberikan pakan herbal. Biasanya dosis herbal yang digunakan dalam pakan berkisar 3?10 kg/ton ransum. Di dalam herbal tersebut mengandung zat bioaktif yang berfungsi sebagai antikarsinogenik. anti-oksidan. antidiabetes. rendah kolesterol. dan meningkatkan kesehatan.

Telur rendah kolesterol

Telur ini hanya mengandung kolesterol sebesar 10?15 persen lebih rendah dibandingkan telur normal. Untuk menghasilkan telur rendah kolesterol. Anda dapat memberikan pakan berserat kasar tinggi. kandungan herbal tertentu. atau menggunakan campuran herbal yang biasa disebut jamu.

Telur bebas residu obat (green egg)

Beberapa konsumen yang sedang menjalani pola hidup sehat biasanya menginginkan telur yang bebas residu dan aman bagi kesehatan. Untuk menghasilkan telur bebas residu. dapat dilakukan dengan tidak menggunakan antibiotik dan obat-obatan lainnya dalam masa pemeliharaan. Peran antibiotik dapat digantikan dengan jamu herbal.

Telur organik

Selain telur bebas residu obat. telur organik merupakan telur yang diminati oleh orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Telur organik dapat dihasilkan dari ayam yang diberikan pakan menggunakan bahan baku organik yang ditanam di tanah.

Bahan baku pakan tidak menggunakan pupuk anorganik dan bebas dari zat kimia. Air minum yang diberikan juga bebas dari zat klorin dan pakannya bebas antibiotik. koksidiostat. residu pestisida. dan suplemen asam amino.

Dipublikasi Pada : 13-01-2020