Gelar Rapat Tinjauan Manajemen, Pastikan Sistem Manajemen Mutu di BBPP Kupang Sesuai ISO 9001:2015

By: Ami Daiman

Kamis 02 November 2023 bertempat di Aula Utama Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dibuka oleh Kepala Balai Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si Selaku Top Manager. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di hadiri oleh Pejabat Struktural  Kabag Umum, Koordinator dan Subkoordinator, Pejabat Funsional tertentu (Widyaiswara) dan karyawan/karyawati Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dilaksanakan mempunyai tujuan sebagai pedoman agar sistem manajemen mutu berjalan efektif.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan bahwa peningkatan kinerja adalah hal yang sangat penting.

"Sebagai sektor yang tumbuh positif selama pandemi, insan pertanian harus bisa meningkatkan kinerja. Karena kita berharap pertumbuhan positif pertanian bisa berdampak bagi sektor lain, khususnya secara ekonomi," Ujar Amran.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa tugas Kementerian Pertanian tidaklah mudah karena harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat sehingga diperlukan adanya peningkatan kualitas di berbagai sektor termasuk dalam sektor manajemen.

“Penerapan ISO manajemen mutu tentunya bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas layanan institusi sebagai organisasi yang taat pada peraturan, fokus pada pelayanan prima, pelayanan berkualitas dan anti penyuapan sehingga kinerja kita betul-betul prima dan bersih,” kata Dedi

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut. drh. Legowo Budi Raharjo selaku Manager Representattif memaparkan sasaran mutu, kebijakan mutu serta Temuan dan perbaikan- perbaikan atas temuan tahun lalu. memamarkan tahapan-tahapan surveillance yang telah dilaksanakan salah satunya terkait dengan beberapa time schedule yang sudah dilalui. rapat teknis. audit internal dan terakir adalah Rapat Tinjauan Menejemen dan ini merupakan RTM yang Pertama.

Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9001:2015 Nomor  120029/A/0001/UK/En Tanggal 22 Januari 2022 Seluruh Pegawai BBPP Kupang telah berkomitmen bersama membangun sebuah sistem dalam meningkatkan performa/kinerja BBPP Kupang yang unggul/prima untuk mencapai kinerja yang Profesional. Mandiri. dan Berdaya Saing.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si Selaku Kepala Balai menyampaikan bahwa RTM merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan secara berkala sebagai sarana evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sistem manajemen mutu.

“RTM ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan di BBPP Kupang telah berjalan sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015,” ujar Yulia

Yulia juga berharap berharap agar setiap unit kerja melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai Tusinya.

" Dengan adanya Rapat tinjauan agar setiap unit kerja melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai Tusinya.bekerja secara Optimal dan berkesinambungan serta meningkatkan kesadaran/pemahaman kepada pegawai dalam sistem manajamemen mutu sehingga Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang menjadi Balai pelatihan/badan publik yang Profesional dan Berkualitas" tambah Yulia

Tinjauan manajemen merupakan suatu proses evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sitem manajemen mutu. dengan cara melakukan pembahasan secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait.

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut terdapat beberapa agenda tinjauan manajemen yang berkaitan dengan:

  • Saran / usulan perbaikan dari berbagai pihak
  • Status tindakan koreksi dan pencegahan
  • Hasil analis kinerja proses
  • Umpan balik pengguna Jasa Balai (Kepuasan Masyarakat)
  • Hasil-hasil audit (eksternal dan internal)
  • Sasaran mutu
  • Hasil analis proses
  • Hasil tindak lanjut tinjauan manajemen terdahulu
  • Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem managemen mutu

Dan dari hasil Rapat Tinjauan Manajemen tersebut berkaitan dengan tindakan:

  • Peningkatan produk terkait pengguna layanan
  • Peningkatan sitem manajemen mutu dan proses
  • Sumber daya yang diperlukan

Dari Hasil Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut dibuatkan notulen. Perlu diketahui bahwa hasil tinjauan manajemen tersebut dipakai sebagai acuan untuk melakukan tindakan perbaikan selanjutnya.

Dipublikasi Pada : 02-11-2023