Gunakan Pakaian Adat Daerah, BBPP Kupang Gelar Upacara HUT RI Ke 78 Tahun 2023

By: Ami Daiman

Menteri Pertanian Republik Indonesia Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH. dalam sambutan pada acara Hut Kemerdekaan RI KE 78 menyampaikan “Perjuangan mencapai kemerdekaan telah tercatat dalam bingkai sejarah Indonesia. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini, kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. kata Mentan.

"Alhamdulillah, hingga kini kinerja sektor pertanian menunjukkan capaian yang positif. Sejak tahun 2010, sektor pertanian konsisten menjadi kontributor utama kedua PDB nasional. Kinerja ekspor pertanian juga terus meningkat, dimana ekspor tahun 2022 mencapai Rp 658,18 triliun atau meningkat 6,79 persen dibanding tahun sebelumnya. Lalu, Nilai Tukar Petani (NTP) juga terus membaik, dan pada Juli 2023 nilainya mencapai 110,64,"katanya

"Mari kita singkirkan kepentingan pribadi atau egosentrisme daerah. Insyallah bila ini bisa kita lakukan, maka kebesaran dan kejayaan bangsa Indonesia bisa kita wujudkan."ungkap Syahrul saat memberikan sambutan pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di kantor pusat Kementan, Jakarta,Kamis (17/8/2023)

Sementara itu pada kesempatan berbeda Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. mengajak seluruh UPT lingkup BPPSDMP untuk memeriahkan HUT RI dengan berbagai kegiatan. “Dengan semakin bertambahnya umur kemerdekaan RI diharapkan akan semakin bertambah pula tingkat kematangan masyarakat Indonesia sehingga cita-cita RI akan terwujud”. Ujar Dedi

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang dipusatkan di Lapangan Upacara BBPP Kupang, Kamis, (17/8/2023). Rangkaian acara sakral tersebut berlangsung khidmat dan lancar. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur/Pembina Upacara.

Upacara Hut RI Ke 78 di BBPP Kupang diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil, Tenaga Harian Lepas (THL), mahasiswa dan siswa PKL/magang dan Peserta Pelatihan Diklat Dasar Ahli penyuluh yang sedang berada di BBPP Kupang. Momen upacara HUT RI di BBPP Kupang Tahun 2023 berbeda dari tahun sebelumnya karena upacara Hut RI ke 78 Tahun ini menggunakan Pakaian adat nusantara penggunaaan pakain adat ini mencerminkan cinta budaya indonesia, semangat kebersamaan, dan toleransi yang juga di usung oleh para pahlawan bangsa sehingga mencapai kemerdekaan bangsa indonesia seperti saat ini. selain menggunakan pakaian adat petugas upacara pun tidak seperti biasa petugasa upacara tahun ini mengusung konsep Paskibraka dan petugasnya dari Siswa-siswa magang yang ada di BBPP Kupang.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan tahun ini mengusung tema ” Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju .

Pada momen ini, Indonesia telah menunjukkan aksi nyata yang progresif dan diharapkan jangan sampai berhenti melanjutkan pembangunan dengan semangat 'estafet'. Dirgahayu RI ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Dipublikasi Pada : 18-08-2023