Hore..!! BBPP Kupang Panen Semangka Organik

By: drh. Helda Gadja

BBPP Kupang Optimalkan Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Tanam Semangka secara organik hingga Panen Semangka (04/08/2021) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkali-kali menekankan bahwa lahan-lahan kosong jangan dibiarkan tidak ditanami sehingga tidak produktif sebagai sumber pangan yang dapat menopang ketahanan pangan.


Mentan SYL juga mengungkapkan. pentingnya mempercepat tanam dan memanfaatkan setiap jengkal lahan kosong untuk ditanami tanaman karena lahan kosong seperti pekarangan tidak hanya mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga. pekarangan juga menjanjikan sebagai sumber pendapatan. ?


?Semua orang butuh pangan. Produk sayuran dan buah-buahan yang berkualitas pasti dicari oleh pasar. Kalau begitu prospek pertanian kita ini menjanjikan.? jelasnya.
Terkait pemanfaatan lahan kosong. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi selalu memberikan motivasi kepada para Penyuluh untuk mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong/pekarangan.


Dedi mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan lahan kosong/pekarangan. salah satunya dengan menanam sayuran maupun buah-buahan.
"Manfaatkan semua limbah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk organik.kemudian aplikasikan pada tanaman yang ada di pekarangan." ujar Dedi.
Untuk itu. BBPP Kupang sebagai salah satu UPT Pelatihan milik Kementerian Pertanian di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan/lahan kosong di lingkungan kantor BBPP Kupang sebagai sumber pangan dan juga sumber pendapatan.

?Lahan pekarangan atau lahan kosong selama ini menjadi lahan yang seringkali tidak diminati karena pada umumnya pertanian identik dengan lahan yang luas seperti persawahan sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa lahan kosong seperti pekarangan sebenarnya dapat dimanfaatkan dan memiliki peluang usaha yang menjanjikan. salah satu contohnya kami di BBPP Kupang menanam buah semangka dilahan kosong milik kami.? Ungkap Bambang Haryanto Kepala BBPP Kupang.

Pemanfaatan lahan kosong di BBPP Kupang dengan ditanami buah semangka secara organik akhirnya membuahkan hasil. Rabu. 04 Agustus 2021 Kepala BBPP Kupang beserta jajarannya dan diikuti oleh pegawai lainnya melakukan panen perdana buah semangka. Dengan hasil ini kiranya dapat menjadi contoh dan motivasi bagi seluruh pegawai untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan dirumahnya agar menjadi lahan yang produktif untuk menghasilkan produk pertanian.

Dipublikasi Pada : 05-08-2021