Identifikasi dan Penumbuhan P4S di Kabupaten Rote

By: Ami Daiman

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) fokus dalam peningkatan kapasitas SDM Pertanian. Salah satunya pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S). Untuk mewujudkan hal tersebut. dilakukan melalui upaya identifikasi dan penumbuhan P4S di wilayah NTT. Identifikasi dan penumbuhan P4S merupakan serangkaian kegiatan. Ini dimulai dari identifikasi. fasilitasi untuk menumbuhkan kesadaran dan minat pelaku utama dan/atau pelaku usaha melalui pemberian pengetahuan baru tentang maksud. tujuan dan manfaat P4S dan kebutuhan pelatihan sampai terbentuknya kelembagaan yang memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya.

?Dengan SDM pertanian yang berkualitas. kita akan meningkatkan produktivitas pertanian.? tegas Mentan Syahrul.

Kepala Badan PPSDMP. Prof Dedi Nursyamsi menambahkan. pertanian tidak berhenti walaupun di tengah serangan Covid-19. memberikan spirit tersendiri bagi petani.?

?Petani. P4S dan Penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19. baik di lapangan maupun di manapun berada.? jelas Dedi.

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebagai pembina dari P4S di wilayah kerjanya terus melakukan identifikasi dan penumbuhan di beberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S. Identifikasi dan penumbuhan ini untuk memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya.

Kegiatan indetifikasi dan penumbuhan P4S dilakukan di beberapa wilayah di NTT. salah satunya dilakukan di Kabupaten Rote. Kegiatan identifikasi dan penumbuhan ini dilakukan pada tanggal 3 sd 5 Agustus 2022 dengan mengunjungi Dinas Pertanian Kab Rote dan Juga Dinas Peternakan Kab. Rote. kemudian berkunjung ke Calon P4S yang dituju yaitu Kelompok Tani Sangga Betes Kab Rote yang bidang usahanya Peternakan dan Pertanian. Tampak hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Peternakan Kab Rote. Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Rote Kepala Bidang tanaman hortikultura Dinas Pertanian Kab Rote. Staf Dinas Peternakan Kab. Rote. Penyuluh kecamatan Lobalain dan tentunya Tim Dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang.?

Menurut Sitti Aminah Daiman Tim BBPP Kupang. Identifikasi dan Penumbuhan P4S merupakan serangkaian kegiatan dimulai dari identifikasi. fasilitasi untuk menumbuhkan kesadaran dan minat pelaku utama dan/atau pelaku usaha melalui pemberian pengetahuan baru tentang maksud. tujuan dan manfaat P4S. "Dan juga kebutuhan pelatihan. sampai terbentuknya kelembagaan yang memperoleh pengakuan sebagai Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya." ujar Ami

Lens Haning sebagai Ketua Kelompok Tani Sangga Betes menyambut baik kunjungan dari BBPP Kupang dan berharap kedepannya bisa di bina langsung oleh BBPP Kupang dan bisa bersinergi dalam melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani dan kelompok tani di kab. Rote.

Dalam peninjauan lokasi. terlihat bahwa Kelompok Tani Sangga Betes memiliki sejumlah ternak sapi dan Kerbau yang dipelihara secara semi intensif tersedia gudang pakan. disamping itu ada pula kegiatan bercocok tanam berbagai komoditas hortikultura.

Kepala Dinas Peternakan Kab. Rote sangat mensupport kegiatan Sangga Betes dan berharap bisa menjadi salah satu P4S di Kab Rote. karena kelompok sangga Betes sangat layak di jadikan kelopok percontohan bagi kelompok tani lainnya yang ada di Kab. Rote.


Dipublikasi Pada : 04-08-2022