Inilah Ciri-ciri Sapi Ternak yang Sehat

Sumber : Pertanianku.com

?Jika Anda seorang peternak sapi. memastikan hewan ternak tumbuh dengan sehat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Anda harus selalu mengamati. mengontrol. dan memastikan bahwa hewan-hewan ternak selalu dalam keadaan sehat.

Indukan sapi yang bagus itu memiliki kemampuan reproduksi yang baik. Semakin baik kemampuan reproduksinya. semakin tinggi pula produktivitas ternak untuk menghasilkan anakan yang berkualitas.

Untuk menentukan seekor anak sapi sehat. tidaklah sulit. Namun. sebelum mengetahui kesehatan sapi ternak terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Pasalnya. sapi sehat belum tentu baik untuk dipelihara. tapi sapi yang baik sudah pasti sehat. Kenapa demikian? Sebab. dalam usaha ternak kita harus memperhitungkan untung dan rugi.

Terdapat beberapa tanda ternak sapi dalam keadaan sehat. Jika dilihat secara fisik. sapi sempurna atau tidak cacat. gerakannya lincah. dan merespons aktif terhadap bunyi dan gerakan benda. bulu bersih dan tidak berdiri. Ternak yang baik untuk dipelihara adalah bakalan ternak yang memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat. Untuk sapi dikategorikan pertumbuhannya cepat. bila pertambahan berat badan hariannya di atas 0.7 kg per hari.

Ciri sapi yang sehat dilihat dari sempurnanya bentuk tubuh. Yang perlu diperhatikan di sini adalah organ terluar. Pedet dikatakan sempurna bila lengkap semua anggota badan dan tumbuh secara normal. Normalnya. anggota badan setiap ternak memiliki perisi simetris. Untuk anggota badan berpasangan seperti kedua kaki depan. tumbuh secara simetris begitu juga dengan kaki belakang. telinga kiri dan kanan. Begitu juga dengan mata. kedua lobang hidung. dan lainnya yang berpasangan.

Untuk anggota badan tunggal. dapat dikatakan normal bila tumbuh dengan semestinya. Misalkan. punuk anak sapi ongole minimal tingginya sejajar dengan kepala. Salah satu ciri pedet jantan yang baik adalah memiliki ekor melampaui lutut. Dan untuk jantan lepas sapih. ujung bulu ekor mencapai mata kaki belakang. Hubungan panjang ekor sangat erat dengan kesehatan ternak. Semakin panjang ekor sapi. semakin luas jangkauannya untuk mengusir serangga yang merugikan terhadap perkembangan tubuh.

Saat membeli anak sapi usahakan bisa melihat kotorannya. Selain itu. perhatikan juga cara memakan hijauan makanan ternak. apakah memilih-milih hijauan atau tidak. Jika sapi tidak memilih makanannya. dapat dipastikan bahwa sapi tersebut dalam keadaan sehat.

Dipublikasi Pada : 17-07-2019