Jangan Langsung Dibuang; Limbah Pertanian Bisa Jadi Pakan Ternak

Sumber : pertanianku.com

Limbah adalah sisa dari pengolahan produk utama. sedangkan?limbah pertanian?adalah sisa bagian tanaman yang sudah dipanen dan diambil hasil utamanya. Bagian sisa pertanian ini masih bisa dimanfaatkan kembali menjadi pupuk organik atau pakan ternak.

Banyak limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. di antaranya daun pepaya. daun mengkudu. daun katuk. daun jagung. jerami padi. daun kacang panjang. dan daun lamtoro. Limbah pertanian ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena mempunyai zat aktif yang mampu memacu produktivitas ternak.

Misalnya. daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpain. Daun pepaya dapat meningkatkan susu kambing perah.

Pemanfaatan limbah pertanian dapat menjadi solusi untuk mengatasi limbah yang sudah tidak terpakai. Selain itu. pemanfaatan tersebut juga dapat membantu peternak mengefisiensikan biaya pakan karena pada dasarnya harga limbah tidak begitu mahal dibanding bahan baku pakan lainnya. Apalagi. jika lokasi peternakannya berada di sentra pertanian.

Pemberian pakan ternak di musim kemarau sering kali tidak memenuhi syarat pemenuhan kebutuhan. Bahkan. kualitas pakannya pun rendah. Kondisi seperti ini mengakibatkan pertumbuhan ternak menjadi terhambat. Pada ternak dewasa akan mengalami penurunan berat.

Selain itu. perkembangbiakan ternak juga akan mengalami penurunan secara nyata karena terjadinya penurunan mortalitas (angka kelahiran).

Hal tersebut karena saat musim kemarau. biasanya terjadi penurunan energi. mineral. ataupun protein yang terkandung dalam pakan hijauan. Kondisi tersebut terjadi akibat tanaman hijauan yang selama pertumbuhannya mengalami kekurangan air. Lebih lanjut. saat musim ini sering kali terjadi kekurangan volume pemberian pakan ternak akibat kelangkaan bahan pakan berupa pakan hijauan.

Untuk menyiasati hal tersebut. diperlukan usaha pemberian suplemen pakan yang murah. mudah didapat. aman bagi kesehatan ternak. dan tersedia sepanjang musim. Dengan pemberian pakan tersebut. diharapkan produksi ternak. baik daging maupun susu dapat meningkat.


Dipublikasi Pada : 15-08-2021