Jenis-jenis Jamur yang Potensial Dibudidayakan untuk Skala Rumah Tangga

Sumber : pertanianku.com

Banyak orang yang belum mengetahui usaha budidaya jamur bisa dilakukan pada skala rumah tangga dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Ada beberapa?jenis jamur?yang sangat berpotensial untuk dijadikan usaha skala rumah tangga.

Jamur tiram

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang memiliki permintaan cukup tinggi. Selain itu. jamur tiram cukup mudah dibudidayakan. Penyesuaian jamur terhadap kondisi budidaya tidak begitu sulit sehingga bisa dilakukan di mana saja.

Saat ini sudah banyak pembudidaya jamur tiram untuk skala rumah tangga. Penyediaan bibit jamur tiram pun sudah banyak tersebar di beberapa daerah. Media tanam yang digunakan untuk budidaya jamur tiram adalah serbuk gergaji yang ditambah dengan bekatul dan kapur.

Jamur kuping

Jamur kuping dapat ditanam di daerah beriklim dingin hingga panas. Jamur kuping juga bisa ditanam di daerah yang memiliki empat musim. Jenis jamur ini terbilang sangat potensial karena memiliki harga jual yang relatif mahal dan disukai banyak orang.

Ada tiga jenis jamur kuping yang bisa dijumpai di pasaran. yaitu jamur kuping merah. jamur kuping hitam. dan jamur kuping agar. Jamur kuping sudah bisa dipanen setelah berumur 3?4 minggu sejak pembentukan calon buah.

Jamur merang

Jamur merang cukup terkenal di Asia Tenggara. khususnya Indonesia. Hal ini karena jamur merang memiliki cita rasa yang lezat dan mudah dijumpai. Untuk memulai usaha budidaya jamur merang. Anda tidak memerlukan modal yang besar. Anda hanya perlu teliti selama masa perawatan jamur.

Jamur merang sering dibudidayakan untuk skala rumah tangga karena memiliki nilai ekonomi yang cukup baik. Jenis jamur merang yang paling sering dibudidayakan adalah Volvariella volvacea.?Volvariella dysplasia. dan Volvariella esculenta.

Jamur kancing

Jamur kancing merupakan jamur saprofit yang tumbuh pada substrat organik yang sudah mengalami pengomposan. Jamur kancing bisa dibudidayakan dalam skala rumah tangga dengan perawatan yang optimal.

Dipublikasi Pada : 31-08-2020