Jurus Jitu Menjaga Kesehatan Domba agar Tetap Prima

Sumber : pertanianku.com

Kesehatan domba selama masa pemeliharaan harus tetap dijaga stabil dengan berbagai cara. Domba yang sehat lebih mudah laku untuk dijual dan biaya pemeliharaannya tidak begitu mahal.?Kesehatan domba?dapat dijaga dengan penerapan pemeliharaan yang benar. mulai dari cara penanganan hingga pemberian pakan. Berikut ini beberapa jurus jitu menjaga kesehatan domba agar tetap prima.

Sanitasi

Sanitasi adalah upaya menjaga kesehatan lewat kebersihan. Sanitasi yang harus diperhatikan adalah kandang. lingkungan. domba sebagai penghuni kandang. dan peralatan yang digunakan.

Lantai kandang harus diupayakan selalu dalam kondisi kering dan bersih. sirkulasi udara harus terjamin. dan ruangan selalu bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup. Di sekitar kandang dibuat parit agar tidak menimbulkan genangan air atau kondisi lembap. Demikian pula pada lapangan penggembalaan yang tiap batas petaknya juga dibuat parit agar aliran air lancar. Dengan begitu. saat hujan. lapangan penggembalaan tidak becek.

Bukan hanya kandang yang harus bersih. melainkan semua domba yang menghuni kandang juga harus bersih. Caranya adalah dengan memandikan dan mencukur bulunya secara rutin. Domba-domba yang sakit dipisahkan dari kelompok yang sehat. Hal berikutnya yang harus bersih adalah peralatan seperti alat pakan dan minum yang harus dicuci tiap hari.

Menggembalakan domba

Menggembalakan domba berarti memberikan kesempatan kepada domba untuk berolahraga. melatih otot-ototnya. dan memperlancar peredaran darah. Dengan demikian. domba menjadi lebih sehat.

Berikan pakan berkualitas

Pemberian pakan berkualitas rendah yang tidak memenuhi kandungan gizi dapat mengakibatkan defisiensi pada domba. Sebaliknya. pemberian pakan berkualitas dengan gizi tinggi akan meningkatkan produktivitas dan mencegah timbulnya penyakit.

Berikan vaksinasi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya

Bila dirasa perlu. vaksinasi tertentu harus dilakukan. terutama jika di suatu daerah terjadi wabah penyakit. Untuk mencegah penyebaran penyakit. harus segera dilakukan vaksinasi terhadap semua domba yang dipelihara. Di samping itu. obat-obatan yang berkualitas juga perlu disediakan sebagai upaya antisipasi pengobatan pada domba yang sakit.

Dipublikasi Pada : 05-07-2021