Kunjungan Kepala Pusat Pelatihan BPPSDMP Kementan Ke Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang

By: Ami Daiman (BBPP Kupang)

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mendapat kunjungan dari Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian ?Ir. Bustanul Arifin Caya M.DM dan rombongan pada selasa (16/04/19).

Kunjungan ini merupakan rangkaian dari Kunjungan kapuslatan ke UPT pelatihan milik Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan BBPP Kupang mendapat jadwal terakhir dari kunjugan Kapuslatan.

Dalam kunjungannya. ?Kapuslatan BPPSDMP langsung meninjau wilayah BBPP Kupang dimulai dari area perkantoran dan berkeliling ke RPH mini sampai ke lahan yang dimiliki dan dikelola secara langsung oleh Pegawai BBPP Kupang. Diiringi candaan dan pembicaraan serius. Kapuslatan memberikan masukan positif untuk peningkatan kondisi UPT BBPP Kupang. ?Balai ini memiliki SDM yang mumpuni. akan lebih baik bila sarana prasana maupun pengembangan terus menerus dari SDM nya dikelola dengan baik. Adanya koordinasi dari berbagai bidang. Tunjukan Balai Besar Pelatihan Pertanian Kupang ini merupakan ujung tombak sebagai tempat pelatihan dan mengajar bibit-bibit unggul SDM di bidang Peternakan? ujar ?Kapuslatan

Pada kesempatan yang sama pula Kapuslatan melakukan pertemuan dengan seluruh pegawai BBPP Kupang dalam pertemuan tersebut Kapuslatan menyampaikan bahwa lembaga ini ( BBPP Kupang) harus terus berinovasi. terus meningkatkan kualitas SDMnya terutama Widyaiswaranya karena WI merupakan nafas dari BBPP Kupang. Balai ini akan maju bila SDMnya terutama WInya terus melakukan inovasi-inovasi sehingga balai ini tetap berdiri tegak. selain SDMnya ?kualitas sarana dan prasarana lainya sangat perlu ditingkatkan. dan puslatan akan membantu dari segi anggaran namun harus di dukung dengan data yang jelas dan akurat.

Tidak hanya itu Kapuslatan juga mengingatkan bahwa BBPP Kupang juga punya Binaan yaitu Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang ada di wilayah NTT. Kepala Puslatan. Ir. Bustanul Arifin Caya M.DM meneranagkan bahwa. database P4S harus diupdate. Selain itu. dirinya juga mendorong pengurus atau pelatih di P4S agar tersertifikasi. P4S di Bina baik dari segi lembaga maupun dari segi SDMnya. P4S juga harus di motivasi dalam hal pengembangan jejajaring/networking dengan pemerintah daerah. swasta maupun stakeholder lainnya.

Dipublikasi Pada : 16-04-2019