Kunjungan Tim Penilai Nasional dari KemenPAN RB di BBPP Kupang

By: Ami Daiman

Kementerian Pertanian mendukung penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) salah satunya di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang sebagai salah satu UPT di bawah BPPSDMP. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengajak seluruh ASN untuk meningkatkan loyalitas, kapabilitas dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, dengan mengutamakan skala prioritas serta berorientasi hasil.

“Tunjukkan karya dan prestasi yang bermanfaat bagi negara. Kerja cepat, kerja cermat dan kerja tepat. Sumber daya manusia yang handal adalah kunci keberhasilan bangsa Indonesia,” ujar Dedi

Dedi Nursyamsi, mengimbau seluruh unit kerja di bawah BPPSDMP menjalankan Good Governments dalam aktifitasnya sehari-hari.

“Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinannya dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ungkap Dedi

Senin 9 Oktober 2023 Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang menerima Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam rangka melakukan verifikasi lapangan terkait penilaian Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Kunjungan ini merupakan rangkaian penilaian WBK setelah Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang Lolos melewati Penilaian Desk Evaluation-Wawacara yang telah berlangsung awal bulan Agustus 2023 yang lalu.

Kunjungan Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas disambut oleh Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si selaku Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dan Segenap jajaran BBPP Kupang. Kegiatan verifikasi lapangan ini merupakan bagian dari proses penilaian Zona Integritas, yang bertujuan untuk menilai sejauh mana BBPP Kupang telah memenuhi kriteria WBK dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Tim Penilai Nasional diwakili oleh Nurfadhillah Al Munawwarah dan Tim. TPN menilik persiapan BBPP Kupang dalam menuju WBK. Mulai dari Pelayanan Kunjungan, Pelayanan Divisi, Serta berbagai Inovasi-inovasi yang ada di BBPP Kupang, sejauh mana inovasi tersebut diimplementasikan dan fungsi inovasi tersebut apakah sudah membantu memudahkan pelayanan publik pada BBPP Kupang. Selain itu juga TPN meminta penjelasan mengenai pengawasan internal, mengenai informasi dan pengaduan serta mengenai pelaksanaan survei kepuasan masyarakat pada BBPP Kupang.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. r. Yulia Asni Kurniawati Menuturkan bahwa Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan seluruh jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi.

“Khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Itu outcome yang mau dicari. Jadi seluruh kegiatan yang kita lakukan tujuannya supaya tidak ada korupsi dan masyarakat puas dengan pelayanan yang kita berikan,” kata yulia

ditambahkan Yulia dirinya bersama jajaran pegawai BBPP Kupang sangat senang dan bangga bahwa kinerja balai dapat menunjukkan integritasnya dengan melakukan banyak prubahan dan pembaharuan ke arah yang lebih baiK

" saya bangga dengan BBPP Kupang kerja keras kita dapat  membawa kita ke tahap Penilaain ZI secara nasional kita harus terus berjuang memperbaiki balai jangan puas sampai disini, karena jaman semakin dinamis kita tunjukkan kalau kita bisa menjadi lembaga pelatihan yang di incar banyak pelanggan untuk melakukan pelatihan, memberikan edukasi kepada masyarakat kearah yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat" ujar Yulia.

Diakhir verifikasi Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas melakukan peninjauan seluruh area lingkungan BBPP Kupang termasuk menyambangi Divisi- divisi inkubator agribisnis, ruangan-ruangan serta meninjau sarana dan prasarana yang ada di BBPP Kupang.

Dengan kunjungan Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas Semoga BBPP Kupang meraih predikat WBK dan selalu berkomitmen untuk pelayanan yang lebih baik.

Dipublikasi Pada : 09-10-2023