Langkah Mudah Membuat Minyak Kelapa Murni untuk Keperluan Pribadi

Sumber : pertanianku.com

Minyak kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO) adalah minyak yang didapatkan dari daging kelapa segar atau turunannya. Minyak kelapa rakyat yang diolah dari daging kelapa segar sudah dapat disebut sebagai VCO, tetapi kualitas minyak yang dihasilkan belum memenuhi minyak yang dapat dijual. VCO dapat dibuat melalui beberapa cara, salah satunya adalah pemanasan bertahap.

Setiap metode pembuatan menghasilkan kualitas minyak yang berbeda-beda. Itu sebabnya harga VCO di pasar cukup bervariasi. Berikut ini beberapa cara membuat minyak kelapa yang mudah diterapkan.

Tanpa pemanasan

Pembuatan VCO tanpa pemanasan dapat dilakukan dengan mendiamkan kepala santan (krim atau kanil) selama 10–24 jam sebelum difermentasikan. Selanjutnya, krim dicampur dengan ragi Saccharomyces cerevisiae atau enzim poligalakturonase, alfa amylase, protease, dan pektinasi. Enzim tersebut berfungsi memecah emulsi. Setelah itu, aduk hingga rata selama 5–15 menit, lalu suspense didiamkan.

Setelah proses fermentasi berlangsung akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak, blondo, dan air. Lapisan minyak dikumpulkan secara perlahan-lahan, lalu disaring dengan kertas saring untuk mendapatkan VCO.

Pembuatan dengan pemanasan

Metode pembuatan VCO dengan pemanasan relatif mudah diterapkan oleh masyarakat di pedesaan. Berikut ini cara membuat minyak kelapa murni dengan pemanasan.

  • Kupas buah kelapa yang berumur tua (sekitar 11–12 bulan), lalu dibelah.
  • Parut secara manual atau keluarkan daging buah, lalu parut dengan mesih pemarut.
  • Tambahkan air ke dalam parutan kelapa dengan perbandingan 2:1.
  • Peras dengan tangan, lalu saring untuk mendapatkan santan. Anda juga bisa menggunakan alat pemeras santan.
  • Tuangkan santan ke dalam wadah transparan, lalu diamkan selama 2–3 jam hingga terbentuk dua lapisan, yaitu kepala santan (krim) dan air.
  • Pisahkan krim dari skim dengan cara menyedot bagian skim ke luar atau menggunakan alat pemisah krim.
  • Tuang krim ke dalam wajan, lalu panaskan perlahan pada suhu 95–100°C hingga terbentuk minyak dan blondo.
  • Ketika blondo masih berwarna putih, angkat bahan dan dinginkan selama 1 jam untuk memisahkan minyak dan blondo.
  • Panaskan lagi minyak selama 10–15 menit untuk menghilangkan partikel air dan saring untuk mendapatkan minyak kelapa murni.
  • Blondo yang terpisah dapat Anda panaskan kembali untuk mendapatkan minyak goreng.

Dipublikasi Pada : 13-10-2023