Langkah Mudah Menanam Anggur Akademik; Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Sumber : pertanianku.com

Anggur termasuk tanaman buah yang mudah dirawat sehingga sering dipelihara di pekarangan rumah.?Anggur akademik?sekalipun yang terkenal dengan cita rasanya yang manis juga sangat mudah dirawat di pekarangan rumah. Cara menanam anggur akademik sama seperti menanam jenis anggur pada umumnya.

Anggur akademik masih terbilang jarang ditanam di pekarangan rumah. Buah ini lebih sering ditanam di tanah perkebunan yang cukup luas untuk dibudidayakan pada skala bisnis. Hal ini karena tingginya permintaan anggur akedemik. tapi persediaannya di Indonesia masih terbatas. Tak heran. budidaya buah anggur akademik bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Sebelum menanam. Anda harus membuat lubang tanam berukuran 60 cm ? 60 cm ? 50 cm. Anda harus membuat bedengan atau parit agar tanaman anggur tidak digenangi oleh air ketika curah hujan sedang tinggi.

Berikan para-para di sekitar lubang tanam setinggi 2.5?3 m. Para-para tidak boleh dibuat terlalu rendah karena bisa menyebabkan kondisi lingkungan menjadi lembap. Namun. para-para juga tidak boleh dibuat terlalu tinggi karena akan menyulitkan proses perawatan.

Di dalam lubang tanam diberikan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1. Setelah itu. biarkan selama dua minggu sebelum ditanam. Anda juga bisa menambahkan kapur dolomit serta insektisida jika diperlukan seminggu sebelum ditanam.

Jika Anda menanam tanaman anggur di dalam pot. langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan pot dan media tanamnya. Pot yang digunakan harus proporsional dengan ukuran tajuk tanaman selama hidupnya agar tidak menyebabkan tanaman roboh ketika sudah dewasa. Sementara itu. media tanam anggur yang baik bisa Anda baca di sini.

Media tanam anggur yang baik menggunakan bokashi. pasir. dan tanah. Namun. jika Anda kesulitan untuk mendapatkan bokashi. Anda bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah terfermentasi dengan baik.

Setelah pot dan media tanam tersedia. Anda sudah bisa memasukkan bibit ke pot dan pasang penyangga sebagai tempat rambatan tanaman anggur.

Bibit yang ditanam harus sudah siap ditanam. Bibit tersebut bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. bibit yang dijual sudah terjamin kualitasnya.

Dipublikasi Pada : 10-12-2020