Meminimalisir Penularan Penyakit Pada Ayam

Sumber: Pertanianku.com

Penyakit-penyakit yang sudah disebutkan di atas memang menjadi momok bagi peternak sehingga membuat usaha yang dijalankan merugi. Namun. kendala tersebut dapat diatasi jika peternak waspada. Cara yang paling efektif hanya satu. yaitu memonitor kesehatan ayam setiap hari. Melalui langkah monitorisasi. infeksi penyakit dapat diketahui sedini mungkin.

Selain itu. penanganan selanjutnya akan lebih ringan karena serangan belum sempat mewabah. Dari bagian meminimalkan penularan penyakit. setidaknya peternak menguasai empat hal yang harus dijalankan. yaitu sebagai berikut.

  1. Sanitasi

? ? ? ? ? ?Sanitasi adalah menciptakan lingkungan agar selalu bersih. Jadi. usahakan agar kondisi lingkungan kandang selalu bersih. Kondisi litter juga harus dibuat kering. Jika litter basah karena ? ? ? ? ? ? ? ?terkena air hujan dan lembap. litter harus segera diganti.

  1. Air minum

? ? ? ? ? Peternak harus menjaga kualitas air minum. Untuk itu. peternak bisa menambahkan probiotik pada air minum. Hal itu untuk menjaga kondisi badan ayam agar selalu prima.

  1. Vitamin

? ? ? ? ?Untuk mencegah stres. peternak bisa mencampurkan premix di dalam pakan. Premix yang biasa digunakan Topmix. Arsomix. Micromix 2000. Rhodimix 22. Rhodimix 273. Rhodimix CF3. ? ? ? ? ? ? ?dan Rhodimix 784.

  1. Biosecurity

? ? ? ? ? Kebersihan kandang menjadi syarat mutlak agar ayam elba sehat dan selalu tampil dan berproduksi prima. Sebagai sarana pencegahan. hal yang paling ampuh adalah menerapkan ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?biosecurity. Hal itu dapat diterapkan dengan cara menyemprotkan desinfektan pada kandang dan lingkungan sekitarnya secara berkala. Desinfektan yang dapat digunakan antara lain ? ? ? ? ? ? ? ? Istam. Istam 20. Primadine. Pristam. dan Prophyl.

  1. Pengebalan ternak

? ? ? ? ? Ayam elba yang dipelihara harus selalu sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui vaksinasi secara teratur. Tentu saja hal itu akan membuat ternak kebal terhadap penyakit yang berbahaya ? ? ? ? ? ? ? ?dan mematikan.

Dipublikasi Pada : 08-08-2019