Mengenali Ciri Calon Induk Ayam Elba Berkualitas

Sumber : pertanianku.com

Induk betina ayam elba merupakan penghasil telur tetas sehingga Anda memerlukan calon indukan yang bagus. Untuk mendapatkan indukan yang bagus. Anda perlu melakukan proses seleksi agar mendapatkan keturunan ayam elba yang murni. Berikut ini beberapa kriteria untuk mengenali ciri calon?induk ayam elba?berkualitas.

Sudah pernah bertelur

Pilihlah calon indukan penghasil telur tetas yang sudah pernah bertelur. Induk ayam yang sudah berhasil bertelur beberapa kali biasanya menghasilkan keturunan yang baik. Sebaiknya. hindari memilih calon induk yang baru bertelur sebanyak 1?2 kali. Hal ini karena biasanya daya tetas telur masih terbilang rendah.

Penampilannya prima

Seleksi calon induk juga bisa dilakukan dari segi fisik. Induk ayam elba yang bagus biasanya memiliki bentuk tubuh langsing dan pada bagian perutnya tampak seperti kantung yang berat. Induk yang bagus terlihat sehat. aktif. dan tidak sedang terserang penyakit.

Induk yang bagus memiliki bulu dada tebal dan mengilap. Hal ini menjadi pertanda bahwa kondisi fisik induk ayam sempurna. sehat. dan memiliki daya hidup yang tinggi. Jika dilihat di bagian kakinya. kaki induk terlihat segar dan tidak kering.

Perilaku induk

Induk ayam elba yang terlihat lincah dan tidak kanibal bisa menjadi ciri indukan yang bagus. Bentuk paruh induk pendek. kuat. rajin mematuk. dan pandai mencari pakan.

Kondisi kepala induk

Pilihlah induk yang memiliki sepasang mata yang tajam. bulat. dan terang/cerah/jernih. Bagian kepala dari induk halus dengan ukuran muka yang sedang. tidak terlalu lebar. Induk berkualitas memiliki jengger dan pial yang halus. mengilap. dan tidak keriput.

Rongga perut

Jika bagian rongga perut di antara tulang dada dan tulang capit memiliki jarak sekitar 4 jari. hal tersebut menandakan sang induk bisa menyimpan banyak calon telur di dalam tubuhnya.

Bagian kloaka

Periksa bagian kloaka induk. Jika terlihat dalam dan lunak. hal tersebut menandakan ada timbunan lemak di dalam tubuh.

Umur induk

Umur betina yang ideal untuk dijadikan induk adalah 7 bulan.

Riwayat penyakit

Induk yang bagus tidak memiliki riwayat penyakit seperti berak darah. berak kapur. lumpuh. dan snort.

Dipublikasi Pada : 12-10-2020