Mentan RI Kukuhkan 67 Duta Petani Milenial dan Petani Andalan se-Indonesia Melalui Vicon

Sumber : Poskupang.com

Menteri Pertanian ( Mentan) RI. Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara resmi mengukuhkan 67 duta petani milenial dan petani andalan se-Indonesia melalui Vidio Conference (Vicon).

Pelaksanaan vicon di tengah wabah Covid 19 ini. tidak mengurangi hikmatnya. Dari total 67 duta petani milenial ini. satu diantaranya petani milenial dari NTT yakni Gestianus Sino yang mengikuti pengukuhan di BBPP Kupang.

Disaksikan Pos-Kupang.com. Senin (13/4). pengukuhan yang dimulai Pukul 09.20 Wita ini dihadiri Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi. para pejabat eselon II Lingkup Kementan. Staf Ahli Menteri. pejabat lainnya di Jakarta.

Sedangkan di lingkup BBPP Kupang hadir selain Duta Milenial NTT. Gestianus Sino juga Kepala BBPP Kupang. drh. Bambang Haryanto. MM. Kepala Bagian Umum. Muhammad Ukkas. juga beberapa staf.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan SK Menteri Pertanian para duta kemudian disampaikan profil satu persatu para petani milenial dan petani andalan dari DI Aceh sampai Papua Barat secara berurutan termasuk jenis usaha yang dikembangkan tiap petani ini.

Para petani milenial dan petani andalan inipun dilengkapi Struktur organisasi duta petani ?milenial dan duta petani andalan pembangunan pertanian masa bakti 2020-2022. Sebelum dikukuhkan Mentan. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi. melaporkan kepada Mentan bahwa para petani ini merupakan garda terdepan ?dalam upaya distribusi hasil pertanian dan mendukung program ketersediaan pangan di 34 provinsi.

Mentan. Dr. Sahrul Yasin Limpo (SYL) dalam arahannya menyampaikan keprihatinan terhadap ?Covid 19 yang tengah melanda seluruh wilayah.

"Saya berharap walaupun kita tengah menghadapi Covid 19 tapi ?apa yg jadi harapan bersama soal pertanian yang maju. modern. harus berbeda dengan yang lalu. Kementrian Pertanian akan total memajukan pertanian dengan memanfaatkan potensi alam di daerah masing-masing." ujar SYL.

Menurut SYL. dalam bidang Pertanian bicara program maka yang harus dilihat adalah manusia petani merupakan orang yang produktif. Dalam menghadapi virus Corona. bukan saja kemampuan medis saja. tapi pertanian juga harus mendapat perhatian serius dalam hal Pertanian efektif. efisien dan transparan.

"Saya harapkan petani milenial dan petani andalan menjadi motor penggerak dalam menyerukan dan memberi semangat kepada penyuluh dan petani untuk tetap menggerakkan roda pembangunan sektor pertanian di negara ini." pinta mantan Gubernur Sulsel dua periode ini.

Dipublikasi Pada : 14-04-2020