MERIAHKAN HUT RI KE-78, BBPP KUPANG GELAR PERLOMBAAN INTERNAL

By: Sukmawati

Merayakan HUT RI merupakan momen penting dalam sejarah Indoensia yang biasanya disambut dengan berbagai kegiatan dan acara meriah. Kementerian Pertanian juga turut merayakan peristiwa bersejarah ini. Peringatan HUT RI yang ke-78 adalah kesempatan untuk merayakan prestasi Indonesia dalam sektor pertanian, serta untuk merenungkan tantangan dan peluang yang ada di masa depan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengharapkan semangat Hari Kemerdekaan dapat terus membakar semangat pekerja di sektor pertanian untuk terus berjuang menjaga kedaulatan Indonesia, sebab pertanian adalah salah satu faktor utama pendukung kemandirian sebuah bangsa.

“Kalau Kementerian Pertanian paling semarak dalam merayakan hari kemerdekaan itu ada alasannya saudara-saudara. Itu karena kemerdekaan tidak bisa hadir tanpa pertanian. Betul?” kata Syahrul.

Syahrul berharap momentum perayaan kemerdekaan Indonesia dapat menjadi pengingat bahwa perjuangan pekerja sektor pertanian terus berkobar di tengah ancaman krisis pangan  global akibat pandemi global, perseteruan geopolitik dan cuaca ekstrim El Nino.

“Kalian adalah pejuang bagi bangsa ini. Kemarin, hari ini dan besok,” ungkap Syahrul.

Di kesempatan berbeda juga di ungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nurysamsi mengajak seluruh UPT Lingkup BPPSDMP untuk memeriahkan HUT RI ke-78 dengan berbagai kegiatan.

“Dengan semakin bertambahnya umur kemerdekaan RI diharapkan akan semakin bertambah pula tingkat kematangan masyarakat Indonesia sehingga cita-cita RI akan terwujud,” ujar Dedi.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menyelenggarakan kegiatan perlombaan internal yang melibatkan seluruh pegawai, baik PNS maupun THL serta siswa/siswi magang di BBPP Kupang.

BBPP Kupang menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba yang bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air serta mempererat kebersamaan di antara pegawai BBPP Kupang. Kegiatan perlombaan di mulai pada tanggal 14 s/d 17 Agustus 2023. Adapun perlombaan yang di gelar BBPP Kupang antara lain Tenis Meja, Catur, Badminton, Kreasi Tumpeng hingga Fashion Show pakaian adat nusantara.

Yulia Asni Kurniawati, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dalam pembukaan perlombaan menyampaikan perlombaan ini merupakan momentum untuk memperkuat rasa nasionalisme kita, semangat juang kita dalam menegakan nilai-nilai pancasila.

“Hari Kemerdekaan adalah saat yang tepat untuk mengingatkan kita semua tentang nilai-nilai persatuan dan semangat gotong royong, BBPP Kupang adalah keluarga besar yang kompak dan berkomitmen untuk berkontribusi pada pembanguan bangsa ini,” kata Yulia.

Dengan semangat merdeka yang berkobar-kobar, peringatan HUT RI ke-78 di BBPP Kupang tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan momentum untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan di antara seluruh pegawai BBPP Kupang. Semoga semangat kemerdekaan ini terus menggelora dan menginspirasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan. Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78!

Dipublikasi Pada : 14-08-2023