Mie Buah Naga Ala BBPP Kupang

By: Ami Daiman

Tak banyak yang percaya. buah naga bisa diolah menjadi mi kering yang enak. Ya. mi yang nantinya bisa dimakan bersama ayam atau bakso. Tak hanya bergizi tinggi. buah naga kaya serat. vitamin A. B. C dan E. kalsium . antioksidan. fosfor. magnesium. dan sebagainya. Yang baik untuk tubuh

Begitu banyak manfaat dari buah naga. dalam pengolahannyapun tidak terlalu sulit. Buah naga yang mudah ditanam dan sangat mudah diperoleh. hal inilah yang dapat kita jadikan potensi sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Beraneka ragam olahan buah naga kini banyak kita temui dengan bentuk dan rasa yang variatif serta menyehatkan seperti ?mie buah naga. stik buah naga. es cream buah naga dll

Hal ini sejalan dengan rencana kerja Kementerian Pertanian mengenai peningkatan diversifikasi pangan dan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan sumberdaya lokal. Salah satunya adalah tanaman buah naga yang mulai banyak di budidayakan di NTT yang kaya akan vitamin dan mineral.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berpesan bahwa ?Adanya musibah wabah Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor?.ungkap mentan Pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik. dimana sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu Prof. Dedy Nursyamsi menegaskan bahwa ?Masalah pangan adalah masalah yang sangat utama. hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm. tapi mampu menuju ke off farm. terutama pasca panen dan olahannya?.

Ir. Wiwiek Yuniarti Costa Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari buah naga yaitu Mie buah naga dengan resep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas sebagai alternatif potensi bisnis dalam meningkatkan ketahanan pangan ditengah terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

Wiwiek Costa mengatakan untuk membuat mie buah naga ini. tidak terlalu sulit. Buah naga yang masak dicampur dengan bahan dasar mie. yakni tepung terigu. yang kemudian dicampur dengan buah naga. Karena buah naga banyak mengandung air. adonan mie itupun tak perlu memakai air untuk mencampurinya. Cukup dengan buah naga itu.

Yuk Intip cara Pembuatan Mie buah naga seperti yang di Buat WI BBPP Kupang

Bahan Yang Di perlukan :

1 Kg Tepung Terigu Cakra Kembar (Protein Tinggi)

1 buah naga (Di blender/dihaluskan dan ambil airnya saja)

1 sendok makan garam

4 butir telur ayam (telur bebek kalau ada lebih direkomendasikan)

Air secukupnya

Siapkan bahan-bahan tersebut. Mudah kok mencarinya. Diwarung/supermarket juga ada. Palaing untuk buah nya saja yang agak sulit. Karena masih sedikit yang berjualan buah naga. Setelah siap lanjut ke tahap pembuatannya.

Tahap Pembuatan Mie Naga Merah :

Siapkan gelas takar agar lebih mudah melihat kadar airnya.

Masukan garam. telur ke dalam gelas takar. kemudian aduk.

Tambahkan lagi sari buah naga yang sudah di blender tadi dan beri sedikit air hingga gelas takar mencapai 350 ml. aduk kembali.

Siapkan wadah besar untuk tepung terigu.

Tuang tepung terigu pada wadah dan beri larutan air yang sudah dibuat pada gelas taker tadi.

Aduk hingga tepung dan air tadi tercampur rata.

Masukan adonan tadi ke dalam mesin mie. (jika mesin mie anda kecil maka harus membuat adonan hingga kalis. kalau mesin mie anda cukup besar cukup buat adonan seperti pasir saja).

Ulangi proses pengepressan mie hingga 5-6 kali press agar mie lebih kenyal.

Lakukan penipisan sekali saja.

Pasang cutter noodle ke dalam mesin.

Tahap akhir tinggal potong menjadi mie.

Taburi dengan sedikit sagu agar mie tidak lengket.

Mie siap di rebus/di masak.

Untuk lebih enak biasanya mie di diamkan dulu kurang lebih 3 jam di dalam kulkas. Karena biasanya kalau mie baru jadi langsung dimasak. maka aroma terigunya masih dominan. Oleh karena itu disarankan menunggu 2-3 jam.


Dipublikasi Pada : 10-06-2020