Momen Idul Adha 1444 H, BBPP Kupang Berbagi Untuk Sesama

By: Ami Daiman

Momen lebaran Idul Adha atau yang biasa disebut Idul Kurban, disambut antusias oleh semua kalangan. Momen Idul Adha ini juga mengingatkan umat manusia akan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang merupakan gambaran bagaimana bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

Salah satu bentuk pengorbanan dalam Hari Raya Idul Adha ini dilakukan dengan cara mengorbankan hewan ternak yang berkualitas, bagi warga yang mampu, untuk kemudian dagingnya bisa dibagikan bagi mereka yang tidak mampu.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang ikut memeriahkan perayaan Idul Adha tahun ini dengan pelaksanaan pemotongan hewan kurban sebanyak Tujuh ekor sapi dan empat belas Ekor Kambing. Kegiatan ini diikuti oleh sebagian pegawai BBPP Kupangbersama masyarakat muslim sekitaran  Balai yang tebentuk dalam kepanitian Qurban Masjid Al-muhtadin Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. Berbekal semangat, akhirnya pelaksanaan penyembelihan Tujuh ekor sapi dan empat belas ekor kambing  serta pembagian daging kurban bisa selesai tepat waktu seperti yang telah direncanakan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berpesan agar melakukan pengawasan ketat terhadap hewan kurban supaya terhindar dari penyakit.

"Kementerian Pertanian melakukan pengawasan dengan menurunkan gugus pengawas agar ternak yang dijadikan hewan kurban benar-benar sesuai dengan syarat dan standar yang sudah ditetapkan" jelas beliau.

Sementara itu Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan pihaknya selalu memberikan support untuk mendukung program utama Kementan.

' BPPSDMP selalu memberikan support untuk mendukung program utama Kementan salah satunya pemenuhan kebutuhan daging yang sesuai standar dan juga SDM penyembelihnya harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan"ujar Dedi 

di kesempatan yang berbeda Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si memberikan semangat kepada Panitia Qurban dan mengatakan bahwa perayaan Idul Adha 1444 H merupakan momen yang tepat banyak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Di momen Idul Adha tahun ini kita harus mengambil hikmah dengan mengukuhkan kembali kepedulian kita terhadap sesama, dengan saling asah, saling asih dan saling asuh terhadap saudara," Ungkap Yulia

Dipublikasi Pada : 30-06-2023