OLAHRAGA BERSAMA TUBUH SEHAT, MENTAL KUAT KINERJA OPTIMAL

By : Sukmawati Ukkas

Olahraga merupakan aktifitas atau kegiatan berguna bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh kita akan merasa sehat dan bugar. Dalam melakukan aktifitas berolahraga bukan hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi  darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak  sebagai pusat saraf pun akan bekerja  menjadi lebih baik.

Hal tersebut juga sering dilakukan olah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, disela-sela kesibukannya beliau tidak pernah absen dalam berolahrga,  hal yang rutin telah di lakukan sejak dulu dengan melakukan jogging track, sit up, push up dan back up.

“selain makan-makanan sehat, olahraga juga penting untuk dilakukan. Ini dilakukan untuk memberi kita kesehatan dan kebugaran,” kata Syahrul.

Syahrul berharap, upaya sehat ini dapat juga rutin diikuti oleh seluruh satuan kerja di Kementerian Pertanian agar bisa tetap bugar agar bisa terus memajukan pertanian semakin maju, mandiri dan modern.

“pesan saya adalah makan makanan yang sehat dan olahraga yang rutin, jangan lupa kita harus bahagia, meski terdapat banyak kesulitan. Insyaallah Ridho Allah bersama kita,” tutupnya.

Dikesempatan berbeda Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian untuk selalu hidup sehat dan bahagia, kegiatan olahraga perlu di lakukan.

“olahraga santai seperti senam seperti ini harus rutin dilakukan, supaya kita sehat,” ujar Dedi.

Bagi para pekerja yang duduk di depan komputer minimal 8 jam setiap harinya, sedikit perenggangan otot dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatannya. Sesuai dengan slogan yang sering kita dengar “didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Untuk mewujudkan pencapain kinerja yang optimal dengan semangat dan optimisme yang dapat terwujud dari jiwa yang kuat, tentunya para pegawai Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang juga memerlukan tubuh yang sehat dan mental kuat sehingga kinerja semakin optimal.

Hal inilah yang membuat BBPP Kupang mulai rutin melakukan senam bersama setiap jumat di lapangan outdoor sebelum memulai aktifitas di dalam ruangan demi menciptakan budaya kerja yang sehat dan mental yang kuat. Jumat, (07/07/2023).

Menurut Kepala Balai Besar Pelatihan Peternaka (BBPP) Kupang, Yulia Asni Kurniawati dengan berolahraga seminggu sekali dapat merefresh otak menjadi lebih sehat, sehingga menumbuhkan semangat baru budaya kerja bagi pegawai.

“sesuai arahan pimpinan untuk menerapkan hidup sehat, kami mengadakan senam bersama di panggung outdoor, selain membangun kebersamaan tentu dengan kegiatan tersebut membuat hidup kita menjadi lebih sehat, mental kita kuat, kita happy dan kinerja akan semakin optima,” ungkap Yulia.

Kegiatan ini dipimpin oleh Widyaiswara Ahli Utama, Wiwik Yuniarti Costa selaku instruktur senam dan diikuti seluruh pegawai BBPP Kupang berserta siswa/siswi magang. Usai senam bersama dilanjutkan dengan main bulu tangkis, tenis meja, menari tarian daerah dll.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), olahraga adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini melibatkan gerakan berulang sesuai ritme dan menggunakan kelompok otot besar seperti yang ada di kaki bahu dan lengan.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, manfaat Olahraga bagi tubuh antaranya:

  1. Secara Fisik

Berkembangnya daya tahan otot, kekuatan, power, kelenturan, koordinasi, kelincahann serta keseimbangan. Dengan rutin berolahraga membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik dan seimbang,

  1. Mental dan Sosial

Diyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari olah raga senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang posisitif

  1. Kesehatan

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan antara lain:

  1. Meningkatkan fungsi jantung
  2. Menurunkan berat badan
  3. Meningkatkan fungsi kognitif
  4. Mengurangi stress dan meningkatkan mood
  5. Tidak mudah terserang penyakit
  6. Meningkatkan stamina
  7. Meningkatkan kelenturan dan kebugaran

Dipublikasi Pada : 10-07-2023