Pakan Sumber Mineral yang Cocok untuk Ayam Kampung

Sumber : pertanianku.com

Saat menyusun pakan untuk ayam kampung Anda harus memastikan kandungan nutrisinya lengkap dan sesuai. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam adalah mineral. meskipun sebenarnya jumlah yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding zat-zat makanan lainnya. Itu sebabnya jumlah bahan pakan yang menjadi?sumber mineral?tidak dibutuhkan terlalu banyak. hanya sekitar 1?4%.

Kandungan mineral yang paling penting bagi ayam kampung adalah kalsium (Ca) dan fosfor (P). Ada banyak bahan pakan yang dapat menjadi sumber mineral dan mudah didapatkan. Dalam memilih bahan pakan. Anda harus mempertimbangkan mudah didapat. ketersediaan dalam jumlah cukup dan kontinu. harga relatif murah. tidak bersifat toksin. serta memiliki sifat saling melengkapi dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia.

Berikut ini beberapa jenis bahan pakan yang dapat digunakan sebagai sumber mineral untuk ayam kampung.

Tepung tulang

Tepung tulang mengandung Ca sebanyak 24% dan P sekitar 12%. Tepung tulang biasanya hanya digunakan sebanyak 1% untuk campuran pakan ayam broiler.

Dicalcium phosphate (DCP)

DCP mengandung Ca sebanyak 23.3% dan P sebanyak 18%. DCP cukup mudah didapatkan di toko bahan kimia atau poultry shop. tetapi harganya cenderung agak mahal. Penggunaan DCP dalam pakan ayam tidak lebih dari 1%.

Tepung kulit kerang

Tepung kulit kerang merupakan sumber mineral yang paling umum digunakan di dalam pakan unggas. Tepung ini mengandung Ca sebesar 37?39%. tetapi tepung kulit kerang tidak mengandung fosfor. Harga tepung ini cenderung murah dan mudah dijumpai. Penggunaannya di dalam pakan ayam biasanya tidak lebih dari 1%.

Kapur

Di luar negeri. kapur merupakan sumber mineral yang paling sering digunakan sebagai sumber kalsium. Kandungan kalsium di dalam kapur mencapai 33?38%. tapi sumber mineral ini tidak mengandung fosfor. Kapur juga sering disebut dengan?heavy.

Garam dapur

Garam dapur merupakan sumber Na dan Cl. Jumlah yang digunakan di dalam pakan maksimal hanya 0.25%. Garam tidak boleh digunakan berlebihan karena dapat mengakibatkan proses ekskresi atau pengeluaran feses meningkat.

Deflourined rock phosphate

Deflourined rock phosphate merupakan sumber mineral yang mengandung P sebesar 18% dan Ca sebesar 15?18%. Penggunaannya untuk pakan ayam biasanya tidak lebih dari 1%.

Dipublikasi Pada : 07-08-2022