BBPP Kupang Panen Bayam Organik

By: Ami Daiman

Bayam adalah salah satu tanaman sayuran populer di Indonesia. Budidaya bayam efektif dilakukan hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, selasa (19/09/2023), di Indonesia terdapat dua jenis tanaman bayam (Amaranthus Spp.) yang biasa dibudidayakan para petani. Pertama, jenis tanaman bayam cabut yang terdiri dari bayam hujau dan bayam merah. Cirinya antara lain lebar daun relatif kecil, untuk jenis bayam hijau warnanya hijau terang agak keputih-putihan, untuk bayam merah warnanya merah hati cenderung gelap.

Jenis kedua adalah bayam yang berdaun lebar atau bayam raja. Warna daunnya hijau tua cenderung keabu-abuan, tumbuh berdiri tegak, dan cara panennya bisa dicabut atau dipotong. Secara metode, budidaya bayam organik mempunyai perlakuan sama dengan budidaya non-organik, perbedaannya pada pemberian jenis pupuk.

Pertanian organik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa memakai pupuk kimia dan pestisida kimia.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin limpo mengatakan sektor pertanian di era new normal atau pasca covid 19 harus diperkuat sehingga benar-benar menyokong utama perekonomian nasional. Sebab covid 19 membuat dunia berubah.

“Oleh karena itu, Indonesia adalah bangsa pejuang. Kita harus menjadi garda terdepan dan lokomotif memajukan perekonomian melalui sektor pertanian. kita harus semangat menyediakan pangan. Jangan sampai rakyat teriak lapar. Ini tantangan bersama yang harus kita menangkan,” kata Syahrul.

Syarul menambahkan “pangan lokal yang sehat dan bergizi dapat diperoeh dengan memanfaatkan pekarangan di sekita kita. Menghadapi pelemahan ekonomi dan dampak pasca pandemi jawabannya adalah pertanian,” ungkap Syahrul.

 Dilain kesempatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan apabila kita serius untuk memanfaat pekarangan rumah dengan melakukan budidaya tanaman sayuran organik dapat menambah pendapatan keluarga.

“Budidaya sayuran organik memberi manfaat banyak untuk kita, manfaatkan pekarangan rumah, hasilnya bisa dikonsumsi sendiri dan kelebihannya bisa di jual,” tutur Dedi.

Dedi menambahkan “dalam budidaya pertanian harus melibatkan teknologi. Melalui teknologi yang diterapkan hasil maksimal bisa diraih. Volume produksi tinggi, kalau kegiatan usaha tani dilaksanakan secara maksimal maka kesejahteraan besar akan dinikmati petani atau siapapun yang mengusahakan budidaya tersebut,” terang Dedi.

Hal ini mendorong Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, Yulia Asni Kurniawati melalui Widyaiswara untuk turut menghimbau kepada seluruh insan pertanian untuk menggalakan pertanian organik.

Divisi Tanaman Pangan dan Hortikultura yang di manejeri oleh Marthen Ressie dan Tim menggagas budidaya sayuran Organik di Lahan BBPP Kupang salah satunya Bayam Organik di luas lahan 500M2 semuanya menggunakan metode organik sehingga hasil sayuran benar-benar sehat untuk di komsumsi. dan juga sudah dipanen hasil panenan Bayam Organik diserbu oleh Pegawai BBPP Kupang dan juga masyarakat sekitar Balai yang tau ada sayuran organik di BBPP Kupang.

Sayur bayam mengandung banyak vitamin dan mineral. Belum banyak yang tahu bahwa bayam mengandung Vitamin C yang cukup tinggi.

Dalam 100 gr bayam mengandung vitamin C sebanyak 52gr. Hal ini selaras dengan Rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengonsumsi asupan vitamin C adalah 45 miligram per hari.

Oleh sebab itu, mengonsumsi sayur bayam sangat baik untuk memenuhi asupan vitamin C dan mendapatkan manfaat kesehatan lainnya. Ada masih banyak manfaat bayam untuk kesehatan sebagaimana akan diulas berikut ini:

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Baik Untuk Penglihatan

Kandungan Vitamin A dalam tanaman sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Begitu pula dengan bayam memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

Kandungan lutein dan zeaxhantin ini mampu membantu mata untuk menyaring cahaya gelombang pendek yang berbahaya serta mencegah kerusakan pada makula atau pusat retina mata. Dengan begitu, zat ini membantu mata mendeteksi kontras dengan lebih baik.

Jadi dengan mengonsumsi sayur bayam tidak hanya meningkatkan penglihatan, tetapi juga mampu membantu menjaga penglihatan dalam jangka panjang.

Memperkuat Otot

Manfaat dari sayur bayam hijau yang sangat terkenal adalah bayam diklaim dapat memperkuat otot. Hal ini benar adanya karena terdapat faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) yang bertugas sebagai antioksidan sekaligus membantu memompa darah ke seluruh tubuh.

Darah yang dipompa ke seluruh bagian tubuh ini dibantu juga oleh otot jantung yang sudah lebih kuat. Kandungan koenzim dalam bayam juga mampu menurunkan risiko gagal jantung dan jantung koroner.

Menjaga tekanan darah

Bagi para penderita hipertensi, bayam dapat menjadi salah satu solusi alternatif untuk menjaga tekanan darah.

Kandungan kalium pada bayam mampu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan melindungi dari kram otot.

Selain itu risiko terkena hipertensi pun bisa berkurang karena kandungan folat yang berfungsi menenangkan pembuluh darah.

Disamping folat, ada juga kandungan nitrat alami yaitu senyawa yang berfungsi untuk membuka pembuluh darah dalam meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja pada jantung.

Membantu Mencegah Kanker

Manfaat lainnya dari bayam yang belum banyak diketahui ialah ternyata bayam mampu membantu mencegah kanker dan membantu memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Bayam mengandung beta karoten dan vitamin C yang aktif berperan dalam perlindungan terhadap perkembangan sel kanker.

Selain beta karoten dan vitamin C, zat yang mampu mencegah kanker adalah klorofil.

Klorofil ini efektif sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosilik.

 

 

 

Dipublikasi Pada : 19-09-2023