PANEN KACANG TANAH DI KECAMATAN LEMBOR SELATAN KABUPATEN MANGGARAI BARAT

By: drh. Helda

Kacang tanah merupakan salah satu komoditas strategis karena permitaannya yang cukup besar setiap tahun baik untuk pangan. pakan maupun industri.

Beragamnya produk olahan berbahan baku kacang tanah mendorong tersedianya bahan baku yang cukup baik secara kualitas dan kuantitas. Melalui Program Kostratani dan Kostraling yang digagas oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mampu mengantisipasi dan mengamankan stok akan kebutuhan pangan di masa wabah virus Corona.

Salah satu contoh geliat sektor pertanian di tengah pademi virus corona. yaitu pada kelompok tani Beringin Jaya di Desa Watu Weja. ?Kecamatan Lembor. Kabupaten Manggarai Barat yang terus produktif. terbukti dengan berhasil memanen Kacang Tanah pada 07 April 2020 dengan hasil panen 1.5 Ha dari target panen 20 Ha. Varietas Unggul lokal dengan produktivitas 3.2 ton/Ha.

Penyuluh Pertanian Lapangan selaku pendamping petani. Tarsisius Randung mengatakan bahwa penyuluh turut senang dengan hasil panen yang cukup banyak dan akan terus meningkatkan pendampingan terhadap petani dalam kondisi seperti sekarang ini.

?Apapun kondisinya saat ini. seperti sedang mewabahnya virus corona bukan menjadi alasan untuk menurunnya semangat dalam bertani. Sektor pertanian harus tetap berkembang dan menghasilkan hasil pertanian yang memiliki kualitas yang baik demi menunjang ketahanan pangan? ungkap Tarisisius.

Dipublikasi Pada : 11-04-2020