?Panen Tomat Organik Hasil Kebun BBPP Kupang?

By: Ami Daiman

Tomat merupakan tanaman berry yang termasuk dalam keluarga Solanaceae atau suku terung-terungan seperti Terung. Cabai dan Ranti. Tomat dapat dimakan segar ataupun dimasak menjadi hidangan yang bernutrisi tinggi. Meskipun secara teknisnya berbentuk buah. tomat pada umumnya digolongkan sebagai sayur-sayuran. Tomat yang matang biasanya berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning. hijau dan jingga. Tanaman tomat diperkirakan adalah berasal dari Peru dan Ekuador dan kemudian mengalami penyebaran ke seluruh dunia

Salah satu widyaiswara Madya di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Longginus Lengi. SP. MP. sedang membudidayakan Tomat Organik di Green House BBPP Kupang.

Buah Tomat merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi. beberapa nutrisi yang didapat dari tomat adalah antioksidan Likopen. Vitamin C. Potasium/Kalium. Folat dan Vitamin K. Varietas yang dibudidayakan oleh Longinus Lengi yaitu Betavila F1 yang produksi oleh Panah Merah.

Dipilihnya varietas Betavila F1 yang produksi oleh Panah Merah karena relatif tahan terhada serangan Virus dengan ukuran buah yang lebih besar dari produk lain yang satu perusahaan. berat rata-rata untuk buah tomat hibrida Betavila saat panen adalah sekitar 90 Gram. Persentase jumlah bunga untuk jadi buah juga tinggi ( tidak mudah rontok ). Tanaman dapat di petik perdana saat umur tanaman tomat mencapai 65 HST dan di petik dengan Interval 5 hari sekali. Buah keras sehingga sangat cocok bila di gunakan untuk pengiriman jarak jauh yang banyak makan waktu. Potensi benih Tomat Hibrida Betavila ini mencapai 70 Ton per Ha.

Tomat Organik di BBPP Kupang di tanam di polybag sebanyak 190 polybag dan ditempatkan di Green house seluas 128 M2. Tomat organik BBPP Kupang ini di tanam pada pertengah bulan februari dengan menggunakan Pupuk Bokasi. Tomat organik di BBPP Kupang ini di panen setelah berusia 2 bulan dan pemanenan dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Dipublikasi Pada : 02-05-2019