?Pemanfaatan Timbangan Ternak di BBPP Kupang?

By: Manix Etwan Manafe. S.Pt. M.Si ( WI BBPP Kupang)

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya telah membentuk 4 (empat) divisi diantaranya ?divisi produksi ternak. divisi produksi pakan. divisi pengolahan dan divisi pemasaran. Salah satu fokus yang ingin dicapai pada divisi produksi ternak dari sejumlah unit ternak yang ada di balai adalah unit ternak sapi untuk tujuan pembibitan dan penggemukkan.

Dalam menunjang aktivitas harian di unit ternak sapi khususnya untuk tujuan penggemukkan. timbangan ternak sangat dibutuhkan untuk menimbang ternak agar bobot badan ternak dapat diketahui karena sangat berkaitan erat dengan jumlah pakan yang diberikan per ekor per hari.

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang memiliki 2 (dua) buah timbangan ternak digital LP7510A dengan kerangkeng. Jenis timbangan digital ini bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital yang dapat terbaca pada layar timbangan. Timbangan ternak tersebut dapat digunakan untuk menimbang hewan baik sapi. kerbau maupun kambing serta sejenisnya. Timbangan ini sangat berguna untuk mendapatkan hasil yang akurat dari penimbangan hewan tersebut untuk menghindari kerugian dari berbagai pihak.

Berat ternak seperti sapi adalah faktor utama untuk memperoleh keuntungan dalam penggemukan sapi potong. sehingga penimbangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara berkala. Olah kerena itu pada divisi produksi ternak. telah melakukan penimbangan untuk 24 ekor ternak sapi baik betina maupun jantan. Khusus untuk sapi jantan tujuan penggemukkan dilakukan penimbangan setiap bulan untuk mengetahui pertambahan bobot badan ternak sehingga diberikan pakan hijauan minimal 10% dari bobot badan. Selain itu kenaikan bobot badan dari ternak sapi tersebut dapat dipantau dan dievaluasi dengan adanya data perubahan bobot badan sebagai bagian dari mengaplikasikan dan mengoptimalkan timbangan ternak digital tersebut pada divisi produksi ternak di BBPP Kupang.

Berdasarkan hasil penimbangan ternak yang telah dilakukan. seekor ternak sapi jantan memiliki bobot badan 160 kg sehingga pakan hijauan yang diberikan sebanyak 16 kg dan konsentrat (Dedak) sebanyak 1.6 kg per hari per ekor.

Dengan diketahuinya bobot badan ternak. sangat memudahkan dalam menentukan harga jual ternak sapi oleh karena ternak sapi yang akan dijual ditentukan berdasarkan berat badan hidup dikalikan dengan harga satuan berat badan hidup sesuai standar berat hidup dan standar harga di wilayah Kabupaten Kupang dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya untuk mendapatkan harga jual seekor ternak.

Divisi produksi ternak berkolaborasi dengan divisi lainnya. berkoordinasi dan bekerja keras dengan tekad dan semangat juang yang tinggi untuk memajukan BBPP Kupang menuju Agribisnis dan Agrowisata.




Dipublikasi Pada : 23-12-2019