PENANAMAN KING GRASS DI LAHAN MILIK BBPP KUPANG

By: Drh. Fitri Salih

Memiliki lahan perkantoran yang luas merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Tidak hanya luas lahan yang cukup besar namun tanah yang subur serta ketersediaan sumber air yang melimpah membuat lingkungan BBPP Kupang selalu terlihat hijau bahkan dimusim kemarau. Hal ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara pimpinan serta seluruh pegawai BBPP Kupang dalam menjaga keindahan lingkungan perkantoran. Menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian untuk memanfaatkan lahan menjadi sumber pangan. BBPP Kupang meningkatkan arahan tersebut dengan juga memanfaatkan lahan menjadi sumber pakan bagi ternak di BBPP Kupang yang jumlahnya cukup banyak salah satu caranya adalah dengan melakukan penanaman King Grass (Rumput Raja) sebagai pakan hijauan utama yang sangat bermanfaat bagi ternak khususnya ternak sapi.

Pemanfaatan lahan perkantoran dengan penanaman king grass sebenarnya merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum tertangani. hampir semua kegiatan yang rencananya dilaksanakan diluar daerah harus ditunda atau diganti dengan pertemuan secara virtual sehingga fokus kerja seluruh pegawai berpusat dilingkungan kantor. Sejak awal pandemi hingga saat ini seluruh pegawai BBPP Kupang terus bekerja sama melakukan penataan serta pemanfaatan lingkungan kantor secara maksimal. Salah satu yang paling terlihat hasilnya setelah dilakukan penataan adalah semakin banyaknya lahan untuk penanaman king grass. Penanaman king grass dilahan yang baru dilakukan secara gotong-royong oleh seluruh pegawai BBPP Kupang dalam waktu ? 4 hari untuk memenuhi seluruh lahan dengan stek king grass.

Pemilihan jenis hijauan pakan ternak berupa king grass? dilakukan karena king grass? merupakan salah satu jenis rumput dengan tingkat produksi tinggi. tahan terhadap suhu lingkungan yang cukup tinggi. memiliki nilai gizi yang cukup bagi ternak dan memiliki waktu panen yang tidak terlalu lama. Penanaman king grass? di lahan kantor BBPP Kupang ini diharapkan dapat menjadi solusi yang baik terhadap ketersediaan hijauan pakan ternak selama musim kemarau sehingga usaha penggemukan sapi yang sedang dilakukan di BBPP Kupang tetap dapat berjalan dan memberikan hasil yang baik.

Kepala BBPP Kupang drh Bambang Haryanto.MM pada beberapa kesempatan sering menyampaikan bahwa cita-cita masa depan BBPP Kupang adalah menjadi tempat wisata sekaligus edukasi dibidang pertanian sehingga menjaga kesehatan dan produktivitas ternak di lingkungan BBPP Kupang merupakan suatu hal yang sangat esensial untuk dimaksimalkan sejak dini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai cita-cita tersebut adalah menjaga ketersediaan hijauan pakan ternak sepanjang tahun sehingga kebutuhan nutrisi ternak tetap terjaga. Selain itu. pemanfaatan lahan menjadi sumber pakan bagi ternak juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan secara maksimal lahan yang dimiliki.

Dipublikasi Pada : 10-09-2020