Penggemukan Sapi dengan Sistem Kombinasi Pasture dan Dry Lot Fattening

Sumber : pertanianku.com

Ada 4 jenis sistem?penggemukan sapi?yang biasanya digunakan oleh para peternak untuk menggemukkan sapi agar daging yang dihasilkan lebih banyak. Salah satu sistem penggemukan yang biasanya digunakan adalah kombinasi pasture dan dry lot fattening.

Sistem penggemukan ini bisa digunakan pada daerah tropis ataupun subtropis. Pada daerah subtropis. sebelum memasuki musim salju. sapi digemukkan dengan sistem pasture. Setelah salju sudah turun. penggemukan dilanjutkan dengan sistem dry lot fattening.

Di daerah tropis. pada musim yang biasanya menyediakan banyak hijauan atau rumput. penggemukan yang dilakukan dengan sistem pasture. Setelah masuk musim kemaru. saat produksi hijauan sudah sangat menurun. penggemukan dilanjutkan dengan sistem?dry lot fattening.

Penggemukan dengan sistem kombinasi antara pasture dan dry lot fattening?bisa diartikan dengan menggembalakan ternak di padang penggembalaan di siang hari selama beberapa jam. Sementara. pada sore dan malam hari sapi dimasukkan ke kandang dan diberikan pakan konsentrat secukupnya.

Tentunya sistem ini bisa digunakan oleh para peternak yang memiliki letak kandang berdekatan dengan tempat gembala yang luas. Namun. sayangnya saat ini lahan untuk gembala semakin berkurang sehingga sangat susah untuk dicari.

Dibandingkan dengan sistem pasture fattening. periode penggemukan dengan sistem kombinasi lebih singkat. Namun. pada dasarnya lama periode penggemukan sapi ditentukan oleh banyak faktor seperti umur. kelamin. kondisi. bobot. serta kuantitas dan kualitas pakan yang diberikan oleh peternak.

Tentunya jika Anda memulai penggemukan dari sapi yang masih muda. waktu yang digunakan akan lebih lama dibandingkan sapi yang sudah berumur cukup. Dalam kaitan umur dengan lama penggemukan. berikut ini hubungan antara umur dan lama penggemukan.

  1. Sapi bakalan yang akan digemukkan berumur kurang dari satu tahun. lama penggemukan yang dibutuhkan sekitar 8?9 bulan.
  2. Sapi bakalan yang akan digemukkan berumur 1?2 tahun. lama penggemukan yang dibutuhkan sekitar 6?7 bulan.
  3. Sapi bakalan yang akan digemukkan berumur 2?2.5 tahun. lama penggemukan yang dibutuhkan sekitar 4?6 bulan.

Dipublikasi Pada : 21-04-2020