PENIMBANGAN BERAT BADAN TERNAK SAPI BBPP KUPANG

By: Drh. Helda

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang memiliki sejumlah sarana dan prasarana yang menunjang tugas dan fungsi BBPP dalam hal melatih keahlian teknis. fungsional dan profesi di bidang peternakan bagi aparatur dan non aparatur pertanian. Salah satu sarana yang dimiliki untuk menunjang kegiatan tersebut adalah sarana instalasi ternak (Instalasi ternak sapi. kambing. ayam dan rusa.

Saat ini BBPP Kupang memiliki 14 ekor sapi. BBPP Kupang menerapkan pola pemeliharaan intensif dan semi intensif untuk ternak sapi. Manajemen pemeliharaan dan pengelolaan serta penggemukkan sapi dilakukan dengan memberikan HPT (Hijauan Pakan Ternak). Jifer (Jerami Fermentasi). Hay maupun konsentrat sebagai pakan penguat. Pakan tersebut diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari sedangkan pemberian air minumnya secara ad libitum. Dengan manajemen pemeliharaan dan penggemukkan seperti itu. diharapkan kebutuhan gizi pada ternak sapi dapat terpenuhi dan pertambahan BB dapat mencapai 1 kg/hari.

Untuk men crosscheck perkembangan BB sapi. maka petugas dari Divisi Kegiatan Peternakan. Pertanian dan Tanaman Pangan melakukan penimbangan BB sapi secara rutin. Hal ini bertujuan agar memonitoring ada tidaknya kenaikan BB pada ternak sapi sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki manajemen pemeliharaan dan penggemukkan ternak sapi. Data penimbangan BB sapi yang per tanggal 22 Juni 2020 menunjukkan adanya kenaikan BB sapi yang cukup signifikan dengan rata-rata kenaikkan BB mencapai 1.2 kg (khusus bulan juni).

Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto mengatakan bahwa manajemen pemeliharaan ternak harus dilakukan dengan serius. dimulai dari pengolahan lahan untuk HPT. pengolahan pakan. mekanisme pemberian pakan. hingga monitoring pertumbuhan BB. Adapun hal-hal lain yang juga menjadi perhatian. yaitu berkaitan dengan sanitasi perkandangan dan kesehatan ternak. apabila semua dikelola dengan baik maka akan berdampak pada pertumbuhan ternak yang ideal.

Dipublikasi Pada : 13-07-2020