Penyakit yang Biasa Menyerang Kambing dan Obat Tradisional yang Tepat

Sumber : pertanianku.com

gangguan pada kambing. Semua penyakit tersebut bisa diatasi dengan pengobatan tradisional.?Penyakit kambing?yang biasanya menyerang adalah penyakit mata. batuk. cacingan. gatal. ambing. tetanus. dan diare. Simak ulasan lebih jelas berikut ini.

Penyakit mata

Penyakit mata lebih sering menyerang kambing saat cuaca sedang tidak baik dan kambing sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Anda bisa menggunakan daun sirih. garam. dan air panas. Cara membuatnya. gunakan tiga lembar daun sirih dan masukkan air panas yang sudah dicampur dengan garam ke dalam gelas. Setelah campuran tersebut dingin. kompreskan ke bagian mata kambing yang sakit. lakukan sebanyak dua kali sehari.

Penyakit batuk

Batuk sering datang bersamaan dengan flu sehingga menyebabkan kambing kesulitan untuk bernapas. Batuk bisa terjadi akibat pakan hijauan yang basah. Anda bisa menggunakan beras kencur yang diseduh dengan air panas. Berikan ke kambing setelah ramuan beras kencur sudah dingin.

Penyakit cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh setiap kambing. Cacingan biasanya disebabkan oleh pakan yang mengandung benih cacing. Untuk mengatasi cacingan. Anda bisa memberikan obat cacing setiap tiga bulan sekali. Obat cacing sudah bisa diberikan sejak cempe?(anak kambing) prasapih untuk menambah daya tahan tubuh. Obat cacing yang biasa digunakan oleh peternak kecil adalah campuran temu hitam dan gula merah.

Penyakit gatal

Gatal biasanya menyerang bagian kulit kaki. kepala. dan beberapa bagian tubuh kambing lainnya. Penyakit ini bisa menular jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu. Anda perlu memisahkan kambing yang sudah terjangkit. Selanjutnya. gunakan beberapa butir lirang dan oli bekas. lalu campur dengan minyak goreng serta garam. Tumbuk halus semua bahan dan oleskan ramuan pada bagian yang gatal dan sakit. Lakukan hingga luka gatal mengering.

Penyakit ambing

Ambing yang membengkak atau tidak mengeluarkan air susu sering sekali dijumpai. Anda bisa menggunakan beberapa siung bawang putih yang dicampur dan garam untuk mengobati penyakit ambing. Tumbuk halus semua bahan dan campur dengan air hangat. Campuran tersebut bisa digunakan untuk mengompres bagian ambing yang sakit.

Penyakit tetanus

Penyakit tetanus bisa dicegah dengan cara memotong plasenta yang basah dan agak panjang. Setelah itu. olesi dengan kunyit untuk melindungi kambing dari bakteri tetanus yang biasanya masuk melalui ujung plasenta.

Penyakit diare

Diare bisa disebabkan oleh pakan yang diberikan berlebihan atau daun pakan masih muda. Untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan mahkota dewa yang dicampur dengan garam dan air panas. Setelah dingin. berikan ramuan tersebut kepada kambing. Namun. jika sulit mendapatkan mahkota dewa. Anda bisa menggunakan daun jambu biji yang dicampur dengan garam secukupnya.

Dipublikasi Pada : 22-08-2020