Poktan Pelita Kabupaten Manggarai Manfaatkan combine harvester pada saat panen

By: Ami Daiman

Maret sampai dengan April adalah Musim panen padi. musim yang di tunggu-tunggu oleh para Petani ?. Begitu juga Kelompok Tani Pelita Kelurahan Mata Air Kecamatan reok Kabupaten Manggarai dengan ketua Poktan Mohamad Saleh Anwar dan mereka memanen ?menggunakan mesin berteknologi untuk memanen padi di areal sawah mereka.
Luas panen hari ini (4/4/20) 0.25 Ha dengan potensi panen 22.75 ha Provitas rata rata 1.70 ton/Ha Varietas Membramo harga GKP Rp. 5000 dan harga beras Rp. 10.000 dengan penyuluh pendamping Marsel Nagung. S.Pt
Marsel Nagung S.Pt mengatakan ?Dengan mesin combine harvester semua kegiatan atau proses memanen ini dapat dikerjakan sekaligus dalam satu rangkaian pemanenan padi di sawah. sehingga hasilnya siap dijemur atau dijual ?
Lanjutntya ? Jadi kegiatan panen menjadi sangat efisien baik dari jumlah tenaga maupun waktu. ?Dalam 1 Ha sawah yang biasa panen oleh 15 -20 orang selama 2 ? 3 hari. tetapi dengan mesin combine harvester cukup 6 jam dengan 2 orang saja Secara biaya. dengan menggunakan mesin combine harvester lebih hemat biaya sampai 50% daripada menggunakan tenaga manusia secara manual.?
"Terik matahari juga dimanfaatkan petani untuk menjemur hasil panen padi. meskipun beraktifitas di sawah. mereka tetap waspada dengan menjaga jarak saat interaksi dengan orang lain untuk mencegah penyebaran virus Corona." Ungkap Marsel.
Menurut Marsel penggunaan Alsintan sangat membantu proses panen. khususnya menangkal penyebaran virus Corona karena penggunaan mesin panen combine harvester meminimalisir interaksi dengan banyak orang di lapangan.

Dipublikasi Pada : 04-04-2020