Rapat Tinjaun Manajemen Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Tahun 2019

By: Ami Daiman

?

Selasa 22 Januari 2019 bertempat di Aula Utama. Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dibuka oleh Kepala Balai Dr. Ir. Adang Warya. MM Selaku Top Manager. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di hadiri oleh Pejabat Struktural Eselon III. IV.Pejabat Funsional tertentu (Widyaiswara) dan ?karyawan/karyawati Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dilaksanakan mempunyai tujuan sebagai pedoman agar sistem manajemen mutu berjalan efektif.

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut. Bayu Ariawan. M.Pd selaku Manager Representattif memaparkan Temuan dan perbaikan temuan tahun lalu. memamarkan sasaran mutu dan kebijakan mutu. masalah tahapan-tahapan surveillance yang telah dilaksanakan salah satunya terkait dengan beberapa time schedule yang sudah dilalui.? rapat teknis. audit internal dan terakir adalah Rapat Tinjauan Menejemen dan ini merupakan RTM yang Pertama.

Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9001:2015 Nomor ?103724/A/0001/UK/En Tanggal 24 Oktober 2018 Seluruh Pegawai BBPP Kupang telah berkomitmen bersama membangun sebuah sistem dalam meningkatkan performa/kinerja BBPP Kupang yang unggul/prima untuk mencapai kinerja yang Profesional. Mandiri. dan Berdaya Saing.

Dalam sambutannya. Adang Warya Selaku Kepala Balai. berharap agar ?setiap unit kerja melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai Tusinya secara Optimal dan ?berkesinambungan serta meningkatkan kesadaran/pemahaman kepada pegawai dalam sistem manajamemen mutu sehingga Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang menjadi Balai pelatihan/badan publik yang Profesional dan Berkualitas.

Tinjauan manajemen merupakan suatu proses evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sitem manajemen mutu. dengan cara melakukan pembahasan secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait.

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut terdapat beberapa agenda tinjauan manajemen yang berkaitan dengan:

Hasil-hasil audit (eksternal dan internal)

Umpan balik pengguna Jasa Balai (Kepuasan Masyarakat)

Sasaran mutu

Hasil analis kinerja proses

Hasil analis proses

Status tindakan koreksi dan pencegahan

Hasil tindak lanjut tinjauan manajemen terdahulu

Saran / usulan perbaikan dari berbagai pihak

Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem managemen mutu

Dan dari hasil Rapat Tinjauan Manajemen tersebut berkaitan dengan tindakan:

Peningkatan sitem manajemen mutu dan proses

Peningkatan produk terkait pengguna layanan

Sumber daya yang diperlukan

Dari Hasil Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut dibuatkan notulen. Perlu diketahui bahwa hasil tinjauan manajemen tersebut dipakai sebagai acuan untuk melakukan tindakan perbaikan selanjutnya.

Dipublikasi Pada : 23-01-2019