Sayuran yang Bisa Mengobati Kolesterol

Sumber : pertanianku.com

Banyak jenis tumbuhan yang telah dibuktikan secara empiris mampu menurunkan kadar kolesterol ataupun trigliserida di dalam darah. Pengobatan kolesterol dengan menggunakan tumbuhan lebih sering dipilih karena dianggap lebih aman dan minim efek samping. Berikut ini beberapa tumbuhan yang bisa digunakan untuk?mengobati kolesterol.

Jagung

Jagung yang bisa digunakan untuk mengobati kolesterol adalah jagung yang masih segar dan utuh sebanyak 2?3 buah. Cara pemakaiannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci buah jagung beserta tongkol. rambut. dan kulitnya. Selanjutnya. rebus jagung tersebut selama 15 menit. Setelah dingin. saring air rebusan dan minum air tersebut seperti teh. Jagung rebusnya bisa Anda makan.

Jagung bisa melancarkan pengeluaran empedu dan menetralisir hati sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. meringankan infeksi dan mencegah pembentukan batu di kandung empedu serta ginjal.

Kubis

Anda bisa menggunakan kubis segar berukuran sedang sebanyak ? bagian. Kubis yang akan digunakan harus dicuci bersih dan dibilas dengan air matang. Setelah itu. potong-potong seperlunya dan jus kubis tersebut. Air sari kubis tersebut bisa diminum sekaligus dan lakukanlah rutin setiap hari agar kadar kolesterol di dalam tubuh menurun.

Kubis mengandung air. protein. lemak. karbohidrat. serat. kalsium. fofsor. besi. natrium. kalium. sulfur. histidine. vitamin A. C. dan E. serta beta karoten. Kubis juga mengandung senyawa sulforafa. sianohidroksibutena. dan iberin yang bisa merangsang pembentukan enzim glutation yang berfungsi untuk mengurai dan membuang zat toksik dari dalam tubuh.

Temulawak

Rimpang temu lawak segar setebal 1 jari dan selebar ? telapak tangan dicuci. lalu dikupas kulitnya. Parut temulawak dan tambahkan ? cangkir air panas. Aduk ramuan dan biarkan hingga ampas temulawak mengendap. Setelah dingin. bagian jernihnya bisa Anda minum. Lakukan treatment?ini setiap hari hingga kadar kolesterol kembali normal.

Temulawak bisa memperlancar pengeluaran latagoga yang ditandai dengan meningkatnya produksi dan sekresi empedu yang bekerja kolekinetik dan koleretik. Kerja kolekinetik dilakukan oleh fraksi kurkuminoid. sedangkan kerja koleretik dilakukan oleh komponen dari fraksi minyak atsiri. Dengan meningkatkan sekresi cairan empedu. partikel padat dalam kandungan empedu berkurang dan dapat berdampak pada menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

Belimbing wuluh

Gunakan belimbing wuluh 3 buah. cuci dan rebus belimbing dengan 1 gelas air mendidih selama 15 menit. Minum air rebusan setelah dingin sekaligus. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Ramuan dari belimbing wuluh tidak disarankan untuk penderita maag dan kencing batu karena rasa asam dan mengandung kalsium oksalat sehingga bisa memperbesar ukuran batu di ginjal dan kandung kemih.

Masih ada banyak tumbuhan yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Dalam buku Tumbuhan Sakti Atasi Kolesterol?membahas jenis-jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati kolesterol. Segera hubungi admin Penebar Swadaya?untuk mendapatkan buku tersebut.

Dipublikasi Pada : 06-08-2020