SELEKSI TERBUKA DAN KOMPETITIF JABATAN PIMPINAN TINGGI Sebuah Komitmen Mencetak Pemimpin bersih dan Berintegritas

By: Hendro Cahyono

Kementerian Pertanian membuka Seleksi terbuka dan kompetitif jabatan pimpinan tinggi Madya dan Pratama mulai 22 Desember 2023. Sejumlah 56 posisi eselon 1 dan 2 di lelang ulang. Adapun jabatan yang dilelang mulai dari Direktur Jenderal (Dirjen) hingga Direktur. Posisi ini dilelang dikarenakan pejabat sebelumnya yang telah purna tugas, atau akan memasuki purna tugas ataupun dikarenakan terjerat masalah. Dan setelah diumumkan langsung oleh Bapak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, ternyata mendapat sambutan yang cukup besar dengan Nampak animo Masyarakat yang cukup tinggi untuk mengikuti seleksi ini. “Kementan tentu menyambut positif ternyata banyak pendaftar dari luar instansi Kementan. Tercatat lebih dari 30 persen merupakan pendaftar dari kementerian/lembaga lain, bahkan ada yang berasal dari unsur pemerintah daerah,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri.

Seleksi ini akan melalui beberapa tahap, sepeti seleksi Tahap pertama meliputi Administrasi dan Penelusuran Rekam Jejak Jabatan, Integritas, dan Moralitas. Seleksi tahap kedua meliputi Penilaian Kompetensi/ Assessment Center. Dan seleksi Tahap ketiga (Presentasi dan Wawancara. Hal ini menunjukkan bahwa seleksi ini terbuka bagi siapapun, prosesnya juga terbuka artinya tim seleksi menguji untuk mendapatkan pribadi-pribadi yang mempunya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Persaingan juga dibuka secara terbuka antar kandidat. Menteri Pertanian Amran menegaskan bahwa semua proses akan bersih dan tidak ada titipan dari pihak manapun. Hal ini sekaligus mengembalikan kepercayaan publik untuk proses pemilihan pejabat yang transparan dan punya kapasitas dalam bidang pekerjanya. "Pak Mentan tegas katakan tidak akan ada pihak manapun yang dapat mempengaruhi. Tim Pansel yang mandiri dan profesional akan melakukan seleksi pejabat terbaik  untuk akan mensukseskan cita-cita swasembada pangan. Mentan Andi Amran yakin akan mencetak sukses kembali dengan tim yang bersih dan bekerja ikhlas,” ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri.

Semoga proses ini berjalan sesuai dengan harapan dan dalam rangka mengembalikan kepercayaan public akan Lembaga ini. Serta segera fokus pada kerja melayani Masyarakat dan mencapai target besar yaitu swasembada pangan yang pernah diraih pada masa kepemimpinan Menteri Andi Amran Sulaiman periode pertama yaitu 2014 – 2019.

Dipublikasi Pada : 28-02-2024