Semangat Kostratani membakar Semangat Penyuluh Pertanian Mengikuti Pelatihan IT

By: RIP Krishaditersanto

Penyuluh pertanian ngada mendapat pelatihan pemanfaatan IT yang diselenggarakan Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP-Kupang) yang dilaksanakan di Kabupaten Ngada 02 ? 03 Maret 2020. Meskipun BBPP-Kupang hanya mengalokasikan latihan untuk 30 orang penyuluh pertanian sebagai peserta pelatihan. akan tetapi sebanyak 97 orang penyuluh ikut belajar bersama dengan penuh semangat. Menurut Herlinda Bate (Kasie Penyuluhan dan POPT) ?penyuluh begitu bersemangat mengingat ilmu tentang pemanfaat IT sangat penting bagi penyuluh pertanian. sehingga selagi ada kesempatan mereka ikut belajar bersama peserta pelatihan.
Dijelaskan oleh Rip Krishaditersanto widyaiswara yang memberikan materi pada pelatihan ini berbagai aplikasi yagn berhubungan dengan pertanian diajarkan dalam pelatihan ini seperti pemanfaatan Cyber Extention dimana menyuluh dapat mengakses materi penyuluhan dan juga menulis bahan penyuluhan untuk disebarkan melalui website tersebut. Dikatakan Rip lebih lanjut bahwa penyuluh juga belajar tentan Kalender Tanam (Katam) Terpadu ?dan juga aplikasi Lembar Konsultasi Padi (LKP) yang dapat dimanfaatkan penyuluh untuk mendapatkan rekomendasi pupuk dan varietas serta kerawanan yang mungkin dihadapi petani. Aplikasi yang dimanfaatkan untuk pelaporan dan akses data data pertanian juga diajarkan pada pelatihan ini sperti SIMLUHTAN. SIMOTANDI. ePDPS yang digunakan untuk mengisi SP pertanian secara online.
Materi yang paling menarik menurtu Yohanes Buu (penyuluh kecamatan Wolomeze) adalah katam terpadu. LKP. ePDPS dan yang paling seru adalah teleconference yang dapat dimanfaatkan selain untuk meeting juga untuk penyuluhan jarak jauh. Yohanes mengatakan bahwa dalam proses belajar terkendala oleh spesifikasi HP Android yang kurang mendukung. dan juga jaringan internet yang lambat. akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi motivasi dan semangat penyuluh dalam belajar di pelatihan tersebut.

Dipublikasi Pada : 07-03-2020