Senangnya !!! BBPP KUPANG PANEN SAWI ORGANIK

By: drh. Helda

Kupang (29/6/2020) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan tanaman hortikultura merupakan salah satu komoditas andalan sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk dibudidayakan. SYL juga menambahkan bahwa Kementan sedang merencanakan produksi hortikultura dalam negeri sehingga pasokannya dapat terus memadai.

Kepala BPPSDMP Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa untuk dapat mencapai pasokan hortikultura yang memadai maka syarat utamanya adalah kerja keras dan kerjasama yang sinergis dari berbagai pihak sehingga pendampingan yang dapat dilakukan kepada para petanipun dapat berjalan dengan baik.

Disamping itu. Mentan SYL juga selalu menekankan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan terutama disituasi pandemik Covid-19 seperti sekarang ini. yaitu diharapkan semua masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber pangan.

Hal inipula yang diwujudkan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Seluruh pegawai BBPP Kupang bahu membahu dalam melakukan kegiatan bertanam dan mengelola lahan yang ada di BBPP Kupang.

Tanaman Hortikultura seperti Sawi dipilih untuk ditanam memenuhi lahan pekarangan BBPP Kupang. selain itu BBPP Kupang juga terus mengelola lahan pekarangan lainnya untuk nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman hortikulutura.

?Kegiatan pemanfaatan lahan ini dilakukan selain untuk mengindahkan instruksi dari Mentan namun juga sebagai salah satu kegiatan positif bagi seluruh pegawai dalam mengisi aktivitas selama pandemik covid 19.? Ujar Bambang Haryanto Kepala BBPP Kupang.

Ditambahkannya. sawi dipilih sebagai salah satu komoditi yang ditanam karena sayur ini cukup digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. memiliki nilai gizi yang cukup lengkap. memiliki nilai ekonomis yang baik sehingga dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan dan juga sayur sawi memiliki masa panen yang cukup singkat.

Kegiatan menanam sawi telah dilaksanakan sekitar 1 bulan yang lalu. oleh karena itu pada tanggal 29 Juni 2020 BBPP Kupang melakukan panen sawi organik. Sawi organik ini tentunya memiliki keunggulan. yaitu aman secara kimiawi karena tidak menggunakan pupuk kimia. lebih menyehatkan tubuh. nilai gizi yang lebih baik. memiliki rasa yang lebih lezat. dan umumnya dapat lebih bertahan lama.

Dengan segudang manfaat dari sayur organik. tidak ada lagi alasan untuk tidak membeli bahkan mengkonsumsi sayuran organik. Sawi organik yang dipanen ini bisa didapatkan langsung di BBPP Kupang.

Ditemui pada saat memanen sawi organik. Muhammad Ukkas selaku Kabag Umum BBPP Kupang menyampaikan harapannya agar kegiatan bertanam sayuran dapat terus berlanjut bahkan kedepannya beliau berharap tidak hanya sawi yang ditanam namun juga berbagai jenis tanaman hortikultura lainnya.

Dipublikasi Pada : 30-06-2020