SERAH TERIMA RUSA BBPP KUPANG KEPADA BANK INDONESIA

By: drh. Helda Gadja

Kantor Pewakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat hibah 2 ekor rusa timor (cervus timorensis) dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Penyerahan 2 ekor rusa berjenis kelamin betina telah dilaksanakan dan rusa tersebut ditempatkan pada kandang rusa yang berlokasi di perumahan pegawai BI selain itu adapula penerimaan dan penandatanganan dokumen serah terima Rusa dari BBPP Kupang kepada pihak Bank Indonesia. Dalam acara tersebut. selain penyerahan 2 ekor rusa kepada Bank Indonesia. juga dilakukan penanaman pohon di lingkungan perumahan Bank Indonesia. Penanaman pohon ini merupakan salah satu tindakan dalam melestarikan lingkungan dan meningkatkan nilai positif ekosistem di lingkungan.


Pada kesempatan tersebut. Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto berkesempatan memberikan sambutannya. Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto. MM mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Indonesia yang telah menerima kedatangan BBPP Kupang dengan baik.
?Kami sangat berterima kasih karena Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT telah berkenan menerima kami beserta rombongan. kami hadir di sini untuk saling mempererat tali kekeluargaan. Sebelumnya kami telah melakukan pertemuan dengan pihak BI. kami sempat bercerita tentang menjaga stabilitas moneter dan stabilitas pangan. dimana keduanya saling berkaitan. Oleh karena itu. sudah sewajarnya kami dapat bekerjasama dengan BI untuk saling memperkuat stabilitas moneter agar pangannya juga tercukupi sehingga Negara kita semakin Maju. Mandiri dan Modern sesuai dengan tag line Kementerian Pertanian.? Ungkap Bambang.


?Bekaitan dengan hibah rusa. kami memberikan rusa betina karena sudah ada rusa jantan yang dipelihara. Saran saya. untuk pemeliharaan rusa sebisa mungkin untuk diperhatikan agar tidak terjadi perkawinan sedarah karena hal ini dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi keturunan berikutnya seperti daya tahan tubuh yang lemah bahkan dapat mengalami tumbuh kembang yang kurang maksimal. mudah-mudahan rusa timor yang dipelihara disini bisa berkembang dengan baik dan populasinya bertambah banyak.? Ujarnya.


Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT I Nyoman Ariawan Atmaja kepada BBPP Kupang atas pemberian dua ekor Rusa Timor. Ia pun menyampaikan bahwa permohonan hibah Rusa Timor ini sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga hewan yang dilindungi selanjutnya Rusa ini akan dikelola dan dijaga oleh Ikatan Pegawai Bank Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut. I Nyoman Ariawan Atmaja juga turut menyampaikan sambutannya.


?Salah satu tantangan yang sedang kita hadapi saat ini adalah membangun ekonomi hijau. Ekonomi hijau adalah ? pertumbuhan ekonomi yang kuat. namun juga ramah lingkungan. serta inklusif secara sosial. Bank Indonesia dalam rangka tugasnya di daerah adalah menjaga pertumbuhan yang sustainable dan menjaga inflasi. pertumbuhan di triwulan I cukup kecil di angka 1.62 dan ini perlu didorong dan salah satu subsektor yang mampu mendorong adalah sektor pertanian dan peternakan oleh karena itu kami sangat berminat untuk bekerjasama. kolaborasi dan bersinergi untuk membangun peternakan khususnya di wilayah NTT ini. Sehingga menjadi sub sektor yang bertumbuh dengan baik dan mendorong pertumbuhan ekonomi kita.? pungkasnya.

Dipublikasi Pada : 08-08-2022