STRAW SEMEN BEKU MELEDAK SAAT DI THAWING?? MARI KITA CARI TAHU PENYEBABNYA

By; drh. Fajar Okta Undari

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah melaksanakan pelatihan vokasi inseminasi buatan bagi non aparatur dan aparatur sebanyak 4 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 19 ? 25 Agustus 2019 dengan peserta sebanyak 30 orang inseminator non aparatur. gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus ? 01 September 2019 dengan peserta sebanyak 30 orang inseminator aparatur. gelombang ketiga dilaksanakan pada tanggal 16 ? 21 September 2019 dengan peserta sebanyak 30 orang inseminator non aparatur. dan gelombang keempat dilaksanakan pada tanggal 23 ? 29 September dengan peserta sebanyak 30 orang inseminator non aparatur. Pertanyaan yang sering muncul selama pelaksanaan pelatihan tersebut adalah ?kenapa straw semen beku bisa meledak saat di thawing??

Selama ini para inseminator berpikir bahwa meledaknya straw disebabkan oleh kesalahan mereka saat thawing. tetapi sebenarnya meledaknya straw saat di thawing sangat erat kaitannya dengan proses produksi dan penyimpanan straw terutama pada tahap filling. sealing. evaluasi straw?dan pre-freezing serta pada saat penyimpanan dalam nitrogen cair.

Salah satu produsen straw untuk semen beku IMV Technologies dalam website resminya sudah menjelaskan bahwa straw yang mereka produksi berpotensi untuk meledak apabila tidak di segel dengan benar (IMV Technologies Product Information). Berndtson (1978) menjelaskan bahwa ampul atau straw semen beku yang tidak disegel dengan baik akan berpotensi untuk meledak terutama apabila disimpan dalam nitrogen cair. Masih dalam tulisan yang sama. Berndtson juga menjelaskan bahwa meletupnya sumbat straw saat di thawing biasanya disebabkan oleh masuknya nitrogen cair ke dalam straw selama proses freezing atau saat penyimpanan. Dalam hal ini. nitrogen cair masuk ke dalam straw melalui celah yang ada pada ujung straw akibat kegagalan penyegelan (sealing).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dr. Peter Elsden (2016) dalam sebuah artikel yang berjudul ?Straws Exploding While Thawing?. Dalam artikel tersebut. Dr. Peter Elsden menjelaskan bahwa lubang sekecil apapun bisa menjadi jalan masuknya N2 cair kedalam straw akibat kontraksi udara dari dalam straw. Oleh karena itu. kedua ujung straw harus di segel dengan benar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. salah satu ujung straw biasanya ditutup/disegel dengan tepung PVC ? kapas ? tepung PVC (sumbat pabrik). Tepung PVC tersebut. akan mengeras ketika bersentuhan dengan media (semen). Jadi apabila tepung PVC tersebut tidak bersentuhan dengan media karena adanya gelembung udara antara semen dan tepung PVC. maka tepung tersebut tidak akan mengeras sehingga sumbat tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika hal tersebut terjadi maka N2 cair akan dengan mudah memasuki straw melalui sumbat tersebut selama proses freezing. Ketika straw dengan N2 cair di dalamnya di thawing atau berada pada lingkungan yang hangat. N2 cair tersebut akan terkonversi menjadi gas yang mendorong sumbat straw keluar dengan cepat atau bahkan meledakkan straw. Jika nitrogen cair terkonversi menjadi gas. maka rasio perbandingan volumenya adalah sekitar 1:694 (BIB Lembang. 2019). Dalam sebuah forum diskusi EQRepro.com juga disebutkan bahwa N2 cair bisa menyusup masuk melalui segel penutup straw sehingga ketika di thawing. N2 cair bisa berekspansi 700x lebih cepat dibandingkan udara sehingga memicu terjadinya ledakan. Tetapi jika gelembung udara berada di tengah-tengah straw. N2 cair tidak akan bisa mencapai gelembung udara

?Selain kegagalan dalam proses filling. sealing. dan freezing. kegagalan dalam proses evaluasi menggunakan alas sinar sebelum racking juga menjadi penyebab ditemukannya kasus straw meledak di lapangan. Apabila evaluasi tidak dilakukan dengan jeli dan straw yang tersendat udara lolos dari evaluasi. maka N2 cair akan masuk ke dalam straw saat proses pembekuan. Doctor Peter Elsden (2016) juga menyampaikan bahwa membekukan kembali straw yang sudah di thawing bisa menjadi salah satu faktor straw semen beku meledak saat di thawing. Beliau menceritakan bahwa pada suatu ketika. ada seorang manager peternakan yang lalai dalam melakukan pengecekan nitrogen cair dalam kontainer penyimpanan sehingga nitrogen cair habis dalam kontainer tersebut. Selanjutnya manager tersebut diam-diam mengisi lagi kontainer yang berisi straw semen beku tersebut dengan nitrogen cair. Apa yang terjadi selanjutnya adalah Doctor Peter menemukan bahwa embryo dan sperma yang berasal dari straw yang disimpan dalam kontainer tersebut banyak yang mati dan ditemukan straw yang retak dan terbelah menjadi dua.

Hal yang perlu diperhatikan dalam kasus straw meledak atau sumbat straw meletup saat di thawing adalah ?jangan pernah menggunakan semen yang berasal dari straw yang meletup sumbatnya saat di thawing? karena kalau nitrogen cair bisa masuk melalui celah-celah kecil. artinya kontaminan lain juga bisa masuk ke dalam straw tersebut dan mengontaminasi semen. Hal itu tentunya akan mempengaruhi kualitas semen serta tingkat keberhasilan inseminasi buatan.

?Setelah membaca uraian diatas. diharapkan semua pihak terkait bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi lagi kasus straw meledak serta penurunan keberhasilan inseminasi buatan akibat kualitas semen yang rendah. Proses produksi sebaiknya dilakukan lebih teliti dan dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman. Selain itu. para pengguna straw semen beku juga diharapkan bisa melakukan penanganan yang baik selama proses penyimpanan dan mengambil tindakan yang tepat saat menemukan straw yang meledak atau straw yang sumbatnya meletup.


DAFTAR PUSTAKA

Balai Inseminasi Buatan Lembang. (2019). Lebih Jauh Tentang Nitrogen Cair. https://biblembang.ditjenpkh.pertanian.go.id/read/264/lebih-jauh-tentang-nitrogen-cair. Diakses tanggal 08 Oktober 2019.

Brendtson. W. E. Pickett. B. W. (1976). Techniques For The Cryopreservation And Field Handling of Bovine Spermatozoa. https://agris.fao.org/agris-search/search.do?recordID=US7887748. Diakses tanggal 08 Oktober 2019.

Elsden. Peter. (2016). Straws Exploding While Thawing. https://etschool.com/Straws-Exploding-While-Thawing.asp. Diakses tanggal 08 Oktober 2019.

Equine-Reproduction.com Bulletin Board. (2008). Frozen Semen Straws Exploding. https://www.equinereproduction.com/board/messages/14/32158.html?1218383523. Diakses tanggal 08 Oktober 2019.

IMV Technologies. Informasi produk. www.imvtechnologies.com. Diakses tanggal 08 Oktober 2019.

Dipublikasi Pada : 28-11-2019