Tanda Penyakit Ayam Broiler Organik Sebelum Terlambat

Sumber: Pertanianku.Com

Beragam penyakit ayam broiler organik dapat menyerang ?ras unggas unggul yang dipelihara untuk dikonsumsi dagingnya ini. ?Tingkat ketahanan hidup ayam broiler organik hampir sama dengan ayam ?broiler biasa. Padahal. penyakit ayam dapat menyerang jenis ternak ?unggas apa pun. Deteksi dini sangat membantu menekan meluasnya jangkauan ?penyakit pada ayam lainnya.

Tanda ayam terserang penyakit secara umum dapat terlihat pada ?ciri-ciri berikut. Pertama. ayam akan mengalami penurunan nafsu makan. ?Hal ini terlihat jelas pada banyaknya asupan yang dikonsumsi setiap ?hari.

Ayam broiler organik yang sehat dapat mengonsumsi pakan setiap hari. ?Peningkatan konsumsi ini disertai dengan kenaikan bobot berat ayam. ?Salah satu tanda penyakit ayam mulai menyerang adalah dalam dua hari ?berturut-turut tidak terjadi kenaikan bobot badan ayam. Oleh karena itu. ?sangat penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Pengecekan ayam ini sebaiknya dilakukan di malam hari. Sebab. di ?malam hari akan terlihat apakah ayam tersebut ngorok atau tidak. Ngorok ?tidaknya ayam juga menjadi pertanda ayam sakit atau tidak.

Ciri berikutnya ayam broiler organik yang sedang sakit adalah ?meningkatnya kematian ayam. Kematian pada peternakan ayam adalah hal ?yang wajar. Hal ini menjadi tidak wajar ketika jumlah kematiannya ?mencapai lebih dari 0.1 persen dalam satu hari.

Kematian yang perlu diwaspadai adalah ketika jumlahnya semakin ?meningkat setiap harinya. Anda harus segera melakukan tindakan. walaupun ?ayam tidak menunjukkan gejala sakit yang terlihat dari fisiknya.

Selain dua tanda penyakit ayam mulai melanda tersebut. Anda juga dapat mengetahui gejala lainnya yang dikupas dalam buku Ayam Broiler Organik yang diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya.

Dalam buku tersebut. Anda akan mengetahui ciri lain penyakit ayam ?yang mengganggu produktivitas. Penyakit ayam bila dibiarkan ?terus-menerus justru akan memengaruhi produktivitasnya.

Tanda penyakit ayam lainnya yang juga diulas dalam buku ini adalah ?berubahnya warna feses. Kotoran ayam yang sehat. termasuk ayam broiler ?organik. memiliki warna yang agak gelap. Terdapat kristal asam urat ?berwarna putih di atas kotoran ayam tersebut.

Dipublikasi Pada : 11-10-2019