Tim PPID BBPP Kupang Bachmarking Ke Mal Pelayanan Publik Kab. Banyuwangi

By: Ami Daiman

Tim PPID BBPP Kupang yang terdiri dari Kasubbag Kepegawaian dan Rumah Tangga Sitti Aminah Daiman. SH serta Petugas Humas Deni F Setiawan Kamis 5 Maret 2020 berkunjung ke Mal Pelayanan Publik pada kegiatan workshop Pengelolaan Informasi Publik yang di selenggarakan oleh Bagian Evaluasi dan Pelaporan BPPSDMP. Dalam kunjungan tersebut Tim PPID BBPP kupang melihat mekanisme dan sarana prasarana Mal Pelayanan Publik dalam Melayanani Masyarakat khusus masyarakat Kab. Banyuwangi.

Pemerintah terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan membuat terobosan membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia. Gagasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur ini sudah terealisir di beberapa daerah di Indonesia.

Tim BBPP Kupang Diterima Oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Banyuwangi Abin Hidayat dan di ajak untuk melihat keseharian pelayanan di mal Pelayanan Publik.

"Alhamdulillah. ikhtiar pemerintah Kab. Banyuwangi menyediakan Mal Pelayanan Publik telah mampu meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada warganya. Ke depan berbagai fasilitas juga akan kami tambah. sehingga masyarakat semakin nyaman ketika berurusan dengan pemerintah." ujar Sekdin Kominfo Abin Hidayat

Kabupaten Banyuwangi sendiri menjadi pilot project yang ditunjuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mal pelayanan publik bersama 11 kabupaten dan kota lainnya sejak 17 September 2018. Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai salah satu terobosan mempermudah pelayanan perizinan publik di masyarakat. mal pelayanan publik Kabupaten Banyuwangi Mal Pelayanan Publik Banyuwangi telah mengintegrasikan 199 jenis layanan dalam satu lokasi. baik layanan pemerintah kabupaten maupun instansi terkait. Layanan yang bisa didapatkan mulai administrasi kependudukan seperti akta kelahiran dan kematian. kartu identitas anak. KTP. dan Kartu Keluarga; beragam jenis izin. BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan. PDAM. pembayaran retribusi daerah. PLN. pengurusan paspor. hingga layanan keamanan pangan dari BPOM.

Kasubbag Kepegawaian dan RT BBPP Kupang dalam kunjungannya mengatakan kesempatan untuk backmarking ke Mal Pelayanan Publik adalah sesuatu yang berharga dapat di ambil pelajaran positifnya untuk melakukan pelayanan satu pintu yang efektif. cepat. transparan dan tanpa pungli serta kualitas pelayanan prima di nomor satukan.

Dipublikasi Pada : 05-03-2020