Tingkatkan Kinerja Pegawai, BBPP Kupang Gelar Rapat Evaluasi Triwulan III Tahun 2023

by: Ami Daiman

Kamis, 02 November 2023, Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mengadakan Rapat Evaluasi Triwulan III. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pegawai BBPP Kupang dari unsur Pejabat Struktural, Koordinator, Sub Koordinator, Pejabat Fungsional Tertentu, fungsional umum dan THL BBPP Kupang.

Rapat Evaluasi Triwulan rutin diadakan dengan tujuan sebagai sarana menyampaikan informasi terkait unit kerja agar seluruh pegawai mampu menjalin kerjasama dengan baik demi mencapai tujuan dari unit kerja itu sendiri.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengingatkan bahwa bekerja dengan hati yang ikhlas serta doa yang kuat bisa dijadikan penguat untuk ketahanan pangan nasional.

Menurut Mentan, sektor pertanian adalah sektor strategis untuk mendulang amal dalam setiap proses kerjanya. Ini karena pertanian merupakan salah satu sektor vital yang menyangkut langsung pada pemenuhan pangan rakyat.

"Pertanian adalah kerja yang paling hebat karena kita yang mempersiapkan makanan bagi jutaan orang di Indonesia. Karena itu sekali lagi saya sampaikan kita harus bekerja dengan penuh maaf, tanpa dendam dan tanpa kebencian," kata Amran

Sementara itu, Kepala Badan PPSDMP Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr mengatakan bahwa "Kita haru selalu meningkatan produktivitas kerja, khususnya di lingkup BPPSDMP. Kita harus mengembangkan SDM pertanian berdaya saing dan berjiwa Wirausaha, Maju, Mandiri, dan Modern,” kata Dedi.

Acara Rapat Evaluasi Triwulan III  tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si. Dalam sambutannya Yulia mengajak seluruh pegawai BBPP Kupang agar dapat bekerja secara optimal.

"Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab, kita harus melakukannya secara optimal. Artinya bahwa kita harus memberikan usaha terbaik, jangan suka menunda pekerjaan. Tingkatkan kemampuan diri, jangan justru berdiam diri." Ujar Yulia

Disamping itu, sebelum di mulai Rapat Evaluasi Triwulan III terlebih dahulu di lakukan Rapat Tinjauam Manajemen, Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dilaksanakan bertujuan sebagai pedoman agar sistem manajemen mutu berjalan efektif

Dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut. drh. Legowo Budi Raharjo selaku Manager Representattif memaparkan sasaran mutu, kebijakan mutu serta Temuan dan perbaikan- perbaikan atas temuan tahun lalu. memamarkan tahapan-tahapan surveillance yang telah dilaksanakan salah satunya terkait dengan beberapa time schedule yang sudah dilalui. rapat teknis. audit internal dan terakir adalah Rapat Tinjauan Menejemen dan ini merupakan RTM yang Pertama.

Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9001:2015 Nomor  120029/A/0001/UK/En Tanggal 22 Januari 2022 Seluruh Pegawai BBPP Kupang telah berkomitmen bersama membangun sebuah sistem dalam meningkatkan performa/kinerja BBPP Kupang yang unggul/prima untuk mencapai kinerja yang Profesional. Mandiri. dan Berdaya Saing.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si Selaku Kepala Balai menyampaikan bahwa RTM merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan secara berkala sebagai sarana evaluasi terhadap kesesuaian dan efektifitas pelaksanaan sistem manajemen mutu.

“RTM ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan di BBPP Kupang telah berjalan sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015,” ujar Yulia

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi 6 bidang, yaitu Kepegawaian dan Rumah Tangga, Perlengkapan dan Instalasi, Keuangan, Evaluasi dan Monitoring, Program dan Kerjasama serta Penyelenggara pelatihan. Masing-masing memaparkan kegiatan yang telah dilaksanakan dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada triwulan IV.

Setelah paparan masing-masing bidang dilanjutkan dengan diskusi dengan seluruh pegawai BBPP Kupang, diskusi diisi dengan tanya jawab dan penyampaian saran demi kemajuan BBPP Kupang ke arah yang lebih baik.

Dipublikasi Pada : 03-11-2023