TINGKATKAN LAYANAN KEPEGAWAIAN, BPPSDMP KEMENTAN LAKSANAKAN FORUM KOMUNIKASI ASN

By : George Andry Faah

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepegawaian dan juga memberikan pemahaman yang sama, komunikasi yang baik, pemberian informasi, evaluasi tata kelola perencanaan, pengembangan dan pembinaan pegawai, serta tata kelola mutasi, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Forum Komunikasi Aparatur Sipil Negara (Forkom ASN) Lingkup BPPSDMP sebagai upaya untuk peningkatan layanan bidang kepegawaian.

Forkom ASN ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar ASN dalam mendukung tugas dan fungsi BPPSDMP. Selain itu, Forkom ini juga menjadi wadah untuk menampung aspirasi dan keluhan ASN terkait kepegawaian, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan baik oleh BPPSDMP.

Menteri Pertanian dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor yang akan selalu menjadi andalan bagi perekonomian.

“Di dalam sektor pertanian, perlu diisi oleh sumber daya manusia yang berkualitas,” jelas Amran.

Amran juga mengatakan bahwa jajaran kerjanya harus mengedepankan kedisiplinan dan menguatkan kejujuran. Amran ingin pegawai Kementan bekerja dalam kekompakan dan meningkalkan kerja perseorangan, dan ASN Kementan harus memiliki peran penting dalam mendukung visi dan misi Kementan, ASN harus terus meningkatkan kualitas diri dan kompetensinya serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya menekankan nilai kedisiplinan dan kejujuran kepada seluruh ASN Kementan. Yang paling penting dalam bekerja harus team work, jangan jadi superman. Kita saling menghargai antarsemua unit kerja,” tegas Amran.

Kegiatan Forkom di laksanakan selama 3 hari di mulai pada tanggal 10 hingga 12 Juli 2024 bertempat di Padjajaran Hotel Bogor, dan di hadiri oleh ASN dari UPT lingkup BPPSDMP.

Membuka kegiatan secara resmi, Plt. Kepala BPPSDMP menyampaikan bahwa ASN merupakan aset penting bagi BPPSDMP dalam mewujudkan visi dan misi Kementan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan ASN secara berkelanjutan agar mereka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Forum Komunikasi ASN ini merupakan salah satu upaya BPPSDMP untuk meningkatkan kualitas layanan kepegawaian. Melalui forum ini kita dapat saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama,” ujar Dedi.

Pada hari pertama, para peserta juga mendapatkan sosialisasi tentang Kebijakan Pengelolaan SDM Aparatur oleh Sekretaris BPPSDMPP, Sistematisasi Manajemen ASN Pasca Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2024 dari KemenPAN & RB serta Penanganan Benturan Kepentingan, Pengendalian Gratidikasi dan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat lingkup Kementan berdasarkan Permentan Nomor 7 Tahun 2022 oleh Inspektur Investigasi, Inspektorat Jenderal.

Dillanjutkan pada hari kedua para peserta akan diberikan sosialisasi oleh perwakilan Biro Organisasi dan Kepegawaian, Setjen Kementan mengenai Evaluasi Pengelolaan Perencanaan ASN, Evaluasi Pengelolaan Pengembangan Pegawai, Evaluasi Pembinaan ASN serta Kapita Selekta Tata Kelola Aplikasi Kepegawaian Berbasis Online dalam mendukung akselerasi layanan kepegawaian.

Pada hari ketiga, acara diakhiri dengan kesepakatan untuk melanjutkan komunikasi secara teratur dan memperkuat koordinasi antarunit kerja dalam BPPSDMP.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakam (BBPP) Kupang, Yulia Asni Kurniawati yang di temui di sela-sela kegiatannya mengatakan bahwa BBPP Kupang akan siap dan berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepegawaian.

“kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan ASN di BBPP Kupang. Dan juga kami akan memastikan dan mewujudkan visi misi Kementan.” Ujar Yulia

Diharapkan dengan terselenggaranya Forkom ASM ini, dapat meningkatkan kualitas layanan kepegawaian di BBPPSDMP, sehingga dapat mendukung tugas dan fungsi BPPSDMP dalam mewujudkan visi dan misi Kementerian Pertanian.

Kepala Bagian Umum BBPP Kupang, Siti Kamalia Kamal yang hadiri mewakili mengatakan kegiatan ini penting untuk di lakukan sebagai peningkatan kualitas layanan kepegawaian  dan memperkuat sinergi antar ASN di BBPP Kupang.

“luar biasa BPPSDMP telah memfasilitasi kegiatan ini, sebagai upaya peningkatan kualitas ASN di UPT, kita akan terapkan juga di BBPP Kupang agar kualitas layanan kepegawaian dapat meningkat dan sinergitas ASN diperkuat kembali agar tercipta suasana kerja yang lebih kondusif dan produktif,” kata Siti

Dipublikasi Pada : 15-07-2024