Vitamin yang Dibutuhkan Bebek untuk Pertumbuhannya

Sumber : pertanianku.com

Sampai sekarang. usaha beternak bebek tetap menggeliat seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi daging dan telur bebek. Namun. jika bebek kekurangan vitamin. maka pertumbuhannya akan terganggu dan produktivitasnya pun akan menurun. Lantas. apa saja?vitamin yang dibutuhkan bebek?ini?

Jika dibandingkan dengan unggas jenis lainnya. bebek memang mempunyai kelebihan. Pasalnya. bebek lebih tahan pada penyakit dan bisa memberi keuntungan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Umumnya. penyakit yang menyerang bebek bisa dibagi menjadi dua golongan. yakni penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman. bakteri. atau virus melalui udara atau kontak langsung.

Sementara. penyakit tidak menular biasanya disebabkan oleh tata laksana pemeliharaannya yang tidak baik. Misalnya. pemeliharaan kebersihan dan kesehatan yang buruk. keracunan. kekurangan mineral. dan kekurangan vitamin.

Lalu. apa saja vitamin yang dibutuhkan bebek untuk pertumbuhannya agar tidak terserang penyakit? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menghambat pertumbuhan bebek. Beberapa gejala bebek yang kekurangan vitamin A di antaranya terlihat selalu mengantuk. keadaan kakinya lemah. mata tertutup lendir berwarna putih. dan cepat terserang infeksi.

Kekurangan vitamin A pada bebek dengan umur kira-kira 4 minggu. maka akan terlihat selaput matanya menjadi kering dan tebal. air matanya keluar berlebihan. bagian bawah matanya tertutup cairan berlendir. Sementara. pada bebek dewasa. kekurangan vitamin A menyebabkan turunnya produksi telur. tubuh menjadi lemah dan kurus.

Umumnya. bebek yang kekurangan vitamin A gampang terkena penyakit white eye?(mata memutih). Kondisi kandang yang lembap dengan lantainya yang basah semakin mempermudahnya terkena penyakit ini.

Pencegahan dan penanganan penyakit ini dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik yang dicampurkan pada air minum atau pakan bebek. Antibiotik yang biasa digunakan. yaitu terramycin?atau aureomycins?dengan takaran 10 gram/100 kilogram pakan atau 10 gram/40 galon air minum. Selain itu. Anda bisa memberi pakan bebek dengan jagung kuning. Sebab. jagung kuning adalah sumber vitamin A yang dibutuhkan dalam komposisi makanan bebek.

  1. Vitamin D

Kekurangan vitamin D yang dibarengi dengan kekurangan zat fosfor dan kalsium bisa menimbulkan penyakit tulang yang mengakibatkan kelumpuhan pada bebek. Penyakit ini dikenal dengan sebutan rickets duck?(bebek lumpuh). Bebek yang terkena penyakit ini akan menderita kelainan dan penyimpangan pada fungsi persendian di kakinya.

Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara memberikan pakan yang memiliki kandungan mineral fosfor. kalsium. dan vitamin D yang cukup. Usahakan bebek tersebut cukup mendapatkan sinar matahari langsung.

Dipublikasi Pada : 14-02-2021