YUK INTIP CARA MEMBUAT MIE KELOR OLEH WIDYAISWARA BBPP KUPANG

By Ami Daiman

Menjaga imunitas tubuh kini sangat penting di tengah perubahan cuaca yang tak menentu. Beragam hal dilakukan untuk menajaga imunitas. salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Daun kelor menjadi salah satu pilihan lantaran mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan.

Tak hanya bergizi tinggi. tanaman kelor juga kaya serat. vitamin A. B dan C. serta mineral. asam amino. senyawa pati. beta karoten. yodium. dan sebagainya. Kelor juga kaya akan senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kelor banyak ditemukan di Pulau Timor dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sebagai sayur. Sebab populasinya yang melimpah dan dikenal memiliki nutrisi tinggi. Dinas Pertanian NTT pun berkomitmen menjadikan kelor sebagai komoditas unggulan di NTT.

Begitu banyak manfaat dari kelor. dalam pengolahannyapun tidak terlalu sulit. kelor yang mudah ditanam dan sangat mudah diperoleh. hal inilah yang dapat kita jadikan potensi sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Beraneka ragam olahan kelor kini banyak kita temui dengan bentuk dan rasa yang variatif serta menyehatkan seperti teh kelor. mie kelor. serbuk instan kelor. tepung kelor. coklat kelor. es krim kelor. stik kelor dll.

Hal ini sejalan dengan rencana kerja Kementerian Pertanian mengenai peningkatan diversifikasi pangan dan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan sumberdaya lokal. Salah satunya adalah tanaman kelor yang kaya akan vitamin dan mineral.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berpesan bahwa indonesia masih belum baik-baik saja karena sekarang dunia masih dilanda krisis pangan dan hal ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor.ungkap mentan Pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik. dimana sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu Prof. Dedy Nursyamsi menegaskan bahwa Masalah pangan adalah masalah yang sangat utama. hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm. tapi mampu menuju ke off farm. terutama pasca panen dan olahannya.

Ir. Wiwiek Yuniarti Costa Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari kelor yaitu Mie Kelor. Teh Kelor dengan resep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas sebagai alternatif potensi bisnis dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Yuk Intip cara Pembuatan Mie kelor seperti yang di Buat WI BBPP Kupang
Alat dan Bahan :
Alat
Mesin mol mie
Oven
Kompor
Baskom
Lengser kue

Bahan
Daun kelor 200 gr
Tepung Terigu 500 gr
Tepung tapioka 2 sdm
Minyak goreng 2 sdm
Telur 1 butir
Garam secukupnya
Air 150 ml

Cara Pembuatan :
1.Daun kelor diblender hingga halus dan saring airnya.
2.Campurkan Tepung terigu dan tepung tapioka dalam wadah baskom kemudian diaduk hingga merata.
3.Campuran kelor yang diblender. telur. garam yang telah diblender hingga halus dicampurkan ke dalam adonan tepung terigu dan tepung tapioka dan diaduk hingga merata. Kemudian tuangkan minyak goreng kedalam adonan.
4.Diuleni hingga kalis dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian adonan tersebut dipipihkan menggunakan mesin mol mie. setelah dipipihkan adonan tersebut dimasukkan kedalam mesin pembentuk mie hingga diperoleh adonan tersebut dalam bentuk mie.
5.Panggang adonan tersebut menggunakan oven dengan suhu 850C selama 10 menit.
6.Setelah 10 menit. keluarkan dari oven dan dinginkan.
7.Setelah dinging olahan mie kelor siap dikemas

Dipublikasi Pada : 26-04-2023