Berita Terbaru

    Meronanya Tomat Organik BBPP Kupang

    By: Ami Daiman

    Tomat merupakan tanaman berry yang termasuk dalam keluarga Solanaceae atau suku terung-terungan seperti Terung, Cabai dan Ranti. Tomat dapat dimakan segar ataupun dimasak menjadi hidangan yang bernutrisi tinggi. Meskipun secara teknisnya berbentuk buah, tomat pada umumnya digolongkan sebagai sayur-sayuran. Tomat yang matang biasanya berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning, hijau dan jingga. Tomat dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi mulai dari 0-1.500 m dpl, tergantung dari varietasnya. Untuk dapat tumbuh dengan baik, memerlukan media tanah yang subur dan...

    BBPP Kupang Gelar Upacara Hari kebangkitan Nasional Ke - 116 Tahun 2024

    By : Ami Daiman

    Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang jatuh pada 20 Mei, diperingati oleh seluruh Kementerian/Lembaga diseluruh Indonesia termasuk di Kementerian Pertanian beserta UPT-UPTnya. 

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengajak seluruh jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dan stakeholder untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sebagai momentum menjaga persatuan dan nasionalisme dalam peningkatan dan penguatan kinerja sektor pertanian. Untuk itu, kontribusi  dan kinerja positif dari sektor pertanian  dalam beberapa tahun terakhir harus mampu dijaga bahkan...

    BBPP Kupang Lakukan Short Brieff Zona Integritas

    By: Ami Daiman

    Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mengadakan Short Brieff  Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZIWBK/ WBBM) Short Brieff  di lakukan untuk persiapan Penilaian ZI Tingkat Nasional Tahun 2024 yang di lakukan oleh Menpan RB. Short Brieff  di buka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr, Ir. Yulia Kurniawati, M.Si dan dihadiri oleh seluruh pegawai BBPP Kupang ( 14/05/2024) dengan Narasumber sdr. Budi Setyo dari Kreasi Mutu Indonesia.

    Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang sebagai salah satu lembaga...

    SAY NO TO CORRUPTION, BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING SMAP ISO 37001:2016

    By: Sukmawati

    Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menggelar In House Training Penguatan dan Penyusunan Dokumen ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pada tanggal 13-15 Mei 2024.

    SMAP sendiri merupakan standar yang merinci persyaratan dan menyediakan panduan untuk membantu perusahan atau organisasi dalam mencegah, mendeteksi dan menangani penyuapan di lingkungan kerja.

    Dalam upaya menerapkan prinsip Good Governance dan semangat reformasi birokrasi, Kementerian Pertanian melalui arahan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan pemerintahan yang bersih h...

    CHAMPION BINAAN BALAI BESAR PELATIHAN PETERNAKAN KUPANG LOLOS 97 BESAR YOUNG AMBASSADOR PROGRAM YESS 2024

    By : drh legowo budi raharjo

     

    Upaya regenerasi petani dengan meningkatkan minat kaum milenial untuk ikut terjun melakukan pengelolaan sektor pertanian, baik dari hulu hingga hilir menjadi salah satu fokus utama Kementerian Pertanian.

    Upaya ini dalam mendukung pembangunan sektor pertanian dalam negeri. Generasi milenial dianggap mampu menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan pertanian.

    Mengingat potensi dan kemampuannya dalam beradaptasi dan memanfaatkan pekembangan teknologi informasi untuk berinovasi menciptakan berbagai gebrakan yang berpengaruh sangat positif demi kemajuan bangsa khus...

    BBPP Kupang dan TA Menteri Pertanian Tanam Padi Bersama di Kupang Timur

    By: M. Noor

    Kupang- Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian (Kementan) lakukan tanam padi bersama Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Lahan Marginal, Dr. Ir. Anny Mulyani, M.S di lahan sawah tadah hujan di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Rabu (24/4/2024).

    Dalam sambutannya, Anny mengungkapkan rasa syukurnya bisa melihat secara langsung kondisi pertanian yang ada di lokasi ini.

    Ia sampaikan Menteri Pertanian mempunyai harapan besar agar provinsi NTT bisa meningkatkan produk...

    Hijaunya Bayam Organik BBPP Kupang

    By: Ami Daiman

    Bayam adalah salah satu tanaman sayuran populer di Indonesia. Budidaya bayam efektif dilakukan hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, selasa (19/04/2024), di Indonesia terdapat dua jenis tanaman bayam (Amaranthus Spp.) yang biasa dibudidayakan para petani. Pertama, jenis tanaman bayam cabut yang terdiri dari bayam hujau dan bayam merah. Cirinya antara lain lebar daun relatif kecil, untuk jenis bayam hijau warnanya hijau terang agak keputih-putihan, untuk bayam merah warnanya merah hati cenderung gelap.

    Jenis kedua ...

    PERKUAT TALI SILAHTURAHMI DAN MENJALIN KEBERSAMAAN, BBPP KUPANG LAKSANAKAN HALAL BIHALAL BERSAMA

    By: Sukmawati

    Dalam acara Halal Bihalal di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan pentingnya menjaga kebersamaan dan kecintaan terhadap sektor pertanian yang lebih gemilang dan cemerlang.

    “Berkembangnya sektor pertanian karena kita cinta terhadap pertanian Indonesia. Alhamdulillah, kita bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri karena ada cinta yang kita berikan kepada pertanian,” ujar Amran.

    Mentan berharap, Halal Bihalal tahun ini bisa menjadi momentum bagi semua pihak untuk bergandengan tangan dalam menjaga sektor pangan kedepan. Apalagi, kata dia...

    BERTANI ON CLOUD VOLUME 260 : PERSIAPAN AKSEPTOR DAN PEJANTAN SERTA PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK

    By: drh. Helda Gadja

    Beternak babi merupakan salah satu komoditi peternakan yang potensial untuk dikembangkan karena ternak babi dapat mengkonsumsi makanan dengan efisien serta mampu beranak lima kali dalam dua tahun dan menghasilkan 10-14 ekor anak babi. Selain itu, jarak kelahiran pertama dengan kelahiran berikutnya pendek, sehingga memungkinkan untuk menjual ternak dalam jumlah besar dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula.

    Ketersediaan pejantan unggul yang terbatas menjadi tidak efisien jika hanya dimanfaatkan dengan kawin alam karena kemampuan pejantan yang melayani betina hanya s...

    TINGKATKAN MINAT PADA DUNIA PERTANIAN DAN PETERNAKAN SEJAK DINI, SISWA SISWI SDK KASIH YOBEL LAKUKAN KUNJUNGAN EDUWISATA DI BBPP KUPANG

    By: Sukmawati

    Jumat (5/4/2024), sebanyak 50 siswa kelas 2 Sekolah Dasar Kristen (SDK) Kasih Yobel Kupang bersama 7 guru pendamping kembali melakukan eduwisata ke Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, setelah sebelumnya 70 siswa siswi kelas 4 berkunjung pada Kamis (4/4/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada dunia pertanian dan peternakan sejak dini.

    Mengenalkan dunia pertanian sejak dini menjadi salah satu program Kementerian Pertanian (Kementan) dimana Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa keahlian bertanam itu bisa menjadi sebuat aset di...